Moskow (ANTARA News)- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama dengan pengusaha Minang yang tergabung dalam UKM mempromosikan makanan Rendang ke Rusia dalam acara Festival Indonesia yang diadakan KBRI Moskow untuk ketiga kalinya berlangsung di Krasnaya Presnya Park dari tanggal 2 hingga 5 Agustus mendatang.

Selain mempromosikan makanan rendang, sehari sebelum Festival Indonesia digelar, Gubernur Irwan Prayitno dalam acara Bisnis Forum yang dibuka Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bapenas Bambang Brodjonegoro di World Trade Centre memaparkan potensi investasi di bidang pariwisata kepada investor Rusia.

“Kami menawarkan investasi di bidang pariwisata dan potensi energi panas bumi atau geotermal kepada investor Rusia,” ujar Irwan Prayitno kepada Antara London disela-sela pembukaan Festival Indonesia, Jumat siang.

Menurut Irwan Prayitno, yang hasir bersama istri Nevi Zuairina Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat juga menawarkan investasi di bidang karet dan kelapa sawit yang cukup diminati di Rusia.

Dalam acara Festival Indonesia yang digagas Dubes Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M Wahid Supriyadi, Sumatera Barat juga menampilkan seni budaya dalam acara pembukaan dengan menampilkan tari persembahan yang dibawakan para penari dari Sumatera Barat yang sekaligus menawarkan sekapur sirih kepada undangan yang menandai ucapan selamat datang.

Tari persembahan yang berhasil menarik perhatian undangan diantaranya Kepala Deputi Departemen ekonomi eksternal dan kerjasama internasional pemerintah kota Moskow, Ilya Kuzmin serta para dutabesar negara sahabat lainnya.

Promosi Rendang asal Sumatera Barat terdiri dari beraneka macam rendang mulai dari rendang daging yang di produksi pengusaha Minang sampai rendang paru, rendang suwir, rendang lokan, rendang telur dan singkong serta rendang ikan tuna yang banyak diminati oleh masyarakat di Rusia yang ada di Moskow.


Baca juga: KBRI Moskow gelar festival kuliner di Rusia
Baca juga: Rendang dan mi goreng digemari di tenda Ramadhan London

 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018