Palembang  (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menjadi pembawa obor pertama pada Kirab Obor Asian Games XVIII 2018 di Palembang, Sabtu pagi.

Alex yang didampingi mantan pebulu tangkis nasional Ivana Lie menerima penyerahan obor dari Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di Plaza Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Hadir pula, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir dan Wakil KOI Muddai Madang.

Alex kemudian berlari sekitar 50 meter didampingi Ivana Lie kemudian menyerahkan obor ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Setelah PON, SEA Games dan seterusnya, kami sudah siapkan sejak 2014 dan ini jadi kenyataan. Hari ini, saya pegang obor pertama Torch Relay Asian Games. Terima kasih Indonesia," kata Alex Noerdin.

Obor Asian Games tiba di Palembang, sejak Jumat (3/8) dari Provinsi Jambi, dan disemayamkan selama satu malam di Bandara Sultan Mahmud II. Kemudian Sabtu pagi dibawa oleh 52 penerjun TNI Angkatan Udara ke Kompleks Jakabaring Sport City.

Obor Asian Games kemudian diarak mengelilingi Kota Palembang, mulai dari kawasan Jakabaring Sport City (JSC) - Jemb Ampera - Jl. Merdeka - ?Kambang Iwak - Jl. A. Rivai - Jl. POM IX - Jl. Demang Lebar Daun - Simpang Polda - Jl. Basuki Rahmad ?- Jl. R. Soekamto - Jl. AKBP Cek Agus - Jl. M. Isa - Jl. Veteran - Simpang RS Charitas - Jl. Jend Sudirman - Jl. Merdeka - Lap ?BKB.?

Ribuan warga sudah berkerumun di pinggir jalan protokol untuk menyaksikan Kirab Obor yang menandakan bahwa Palembang tak lama lagi akan menjadi tuan rumah hajatan besar Asian Games.

Pada pukul 15.00 WIB, ?Kirab Obor diperkirakan akan tiba di Benteng Kuto Besak untuk diserahkan ke pejabat pelaksana harian Wali Kota Harobin Mustafa.

Kemungkinan obor akan dibawa mengelilingi Pulau Kemaro dgn menggunakan kapal. Lalu pawai obor kembali lagi ke BKB menuju Rumah Dinas Wali Kota Palembang dengan melintasi Jl. Merdeka - Simpang Kodim - Jl. Kambang Iwak.

Kemudian, pada Minggu (5/8), obor Asian Games akan diserahkan ke Pemerintah Kota Palembang ke Pemerintah Kabupaten Banyuasin di kawasan KM 14, untuk kemudian dibawa berkeliling ke enam kabupaten kota di Sumsel, sebelum akhirnya ke Provinsi Lampung.

Warga Palembang, Aminuddin yang tergabung dalam komunitas Motor Pos Indonesia yang dijumpai di sela-sela Kirab Obor mengatakan sangat bangga akhirnya Palembang akan benar-benar menjadi tuan rumah Asian Games.

"Ini sekali seumur hidup. Sebagai warga Palembang, saya sangat bersukacita sekali kota kelahiran saya bisa menjadi tuan rumah Asian Games," kata dia.

Baca juga: Gubernur Sumsel gencar sosialisasikan Asian Games 2018

Obor Asian Games 2018 dibawa berkeliling ke beberapa kota di Indonesia sejak 15 Juli 2018 setelah dikirim dari India. Kota pertama yang menjadi tujuan adalah Yogyakarta karena api obor yang berasal dari negara India digabung dengan api Merapen Yogyakarta.

Setelah dari Yogyakarta diarak ke kota di Indonesia Bagian Timur dan Sumatera hingga kembali ke Jakarta dengan menempuh jarak sekitar 18.000 meter.

Asian Games akan diselenggarakan kembali di Indonesia pada 18 Agustus - 2 September 2018 di dua kota yakni Jakarta dan Palembang dengan diikuti 45 negara. Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada 1962 dengan hanya diikuti 17 negara. Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games menggantikan Vietnam yang mengundurkan diri pada akhir tahun 2014.
 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018