Informasi terakhir, seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi dengan life raft dan sekoci...
Jakarta (ANTARA News) - Seluruh penumpang KM Satya Kencana IX, yang pagi tadi terbakar di sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan, Kalimantan Selatan, berhasil dievakuasi.

"Informasi terakhir, seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi dengan life raft dan sekoci KM Niki Sae termasuk Anak Buah Kapal beserta nakhodanya. Saat ini KM. Niki Sae sudah bergerak menuju Pelabuhan Trisakti, perkiraan tiba pukul 18.00 WITA," kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Junaidi dalam keterangan tertulis Kementerian Perhubungan, Sabtu.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengerahkan dua kapal untuk membantu mengevakuasi para penumpang KM Satya Kencana IX.

"Kapal KN Altair milik Disnav Banjarmasin dan KNP. 363 milik KSOP Banjarmasin telah dikerahkan untuk membantu proses evakuasi penumpang kapal KM Satya Kencana IX yang dilaporkan terbakar pagi tadi," katanya.

KM Satya Kencana IX dengan rute Surabaya-Banjarmasin dilaporkan terbakar di sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan pada Sabtu pukul 05.35 WITA.

Stasiun Radio Pantai (SROP) Banjarmasin melaporkan ada informasi dari kapal KM. Niki Sae bahwa pada tanggal (4/8) pukul 05.35 WIB, KM.Niki Sae ada komunikasi dengan kapal KM Satya Kencana IX yang mengalami musibah kebakaran pada posisi 04-43.67 LS/ 113-57.81 BT sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan.

Junaidi menjelaskan KM Niki Sae, KM Kumala dan Tug Boat Bina Marine 97 yang berada di sekitar lokasi terbakarnya KM Satya Kencana IX ikut membantu mengevakuasi penumpang kapal tersebut.

KM Satya Kencana IX, kapal jenis Ro-Ro milik PT Dharma Lautan Utama dengan berat GT 11.657, mengangkut 198 penumpang dan 32 awak kapal serta beberapa kendaraan saat kecelakaan terjadi.

KSOP Banjarmasin, SROP Banjarmasin, Lanal Banjarmasin dan Kantor SAR Banjarmasin mengerahkan aparatnya untuk mendukung evakuasi penumpang kapal tersebut.

"Pukul 11.25 WITA, KM Kumala telah menyisir perairan di titik musibah terbakarnya KM Satya Kencana IX dan tidak menemukan penumpang lainnya yang belum dievakuasi. Adapun Kapal Patroli KPLP dan kapal Navigasi Kemenhub terus melakukan penyisiran, sementara itu kapal KM Satya Kencana IX lego jangkar dan dilabuhkan di lokasi kejadian tersebut," kata Junaidi.

Baca juga:
Kapal penumpang terbakar di Tanjung Selatan
Beberapa kapal bantu evakuasi penumpang KM Satya Kencana yang terbakar

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018