Jayapura, (ANTARA News) - Dari lanjutan Liga 2018, Persipura Jayapura berhasil meraih kemenangan atas tamunya Barito Putra dengan skor telak 5-1, di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu sore.

Bertanding dihadapan 7.365 penonton, tim tamu yang diasuh Jackson F. Tiago, justru berhasil mencetak gol lebih dulu pada menit keempat melalui sepakan Samsul Arif, sehingga skor berubah menjadi 0-1.

Setelah tertinggal, Boaz Solossa dan kawan-kawan mencoba bermain lebih agresif dan berhasil mengurung pertahanan Barito. Hanya sayang beberapa peluang yang tercipta belum berhasil menggetarkan gawang tim tamu yang dijaga Adhitya Harlan.

Baru pada menit ke-40 Persipura berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan pinalti Hilton Moreira dan skor pun berubah menjadi 1-1.

Memasuki babak kedua, Barito mencoba bermain lebih menyerang dengan memasukan seorang penyerang untuk menggantikan pemain tengah.

Namun pelatih Persipura, Amilton Da Silva tidak tinggal diam dengan memasukan Gunansar Mandowen pada menit ke-55 untuk menggantikan Prisca Womsiwor.

Masuknya Gunansar ternyata lebih berdampak bagi timnya karena pada menit ke-63 Persipura dapat mencetak gola melalui tendangan "first time" kaki kiri Boaz Solossa, untuk sementara Tim Mutiara Hitam unggul 2-1.

Barito Putra semakin tertekan karena pada menit ke-63 pemain belakangnya Aaron Michael Evans harus keluar pertandingan setelah menerima kartu kuning kedua dari wasit Kuspriyanto.

Unggul jumlah pemain membuat Persipura bermain semakin lepas dan menambah keunggulannya pada menit ke-68 melalui sundulan Addison Alves setelah menerima umpan dari Ian Louis Kabes melalui tendangan pojok.

Pendukung tuan rumah semakin bersorak karena di menit ke-73 Gunansar Mandowen yang sempat melakukan kerja sama 1-2 dengan Addison Alves berhasil mencetak gol sehingga merubah papan skor menjadi 4-1.

Sebelum pertandingan berakhir, Addison Alves kembali mencatatkan namanya di papan skor karena pada menit ke-89 sundulannya kembali mampu menggetarkan gawang Barito dan skor 5-1 pun bertahan hingga akhir laga.

Usai pertandingan, Pelatih Barito Putra, Jacksen F. Tiago mengungkapkan pada pertandingan tersebut timnya tidak diuntungkan dengan cidera yang dialami Douglas Packer saat melakukan pemanasan sebelum laga.

Menurut dia, strategi permainan yang telah dibuat, dimana didalamnya termasuk kehadiran Douglas Packer, harus berubah.

Ia pun mengakui faktor mental menjadi penentu pada laga tersebut, karena ketika tertinggal justru Persipura bermain lebih baik dan anak asuhnya kerap meninggalkan posisi, serta sering salah ketika melakukan umpan.

Di sisi lain, Pelatih Persipura Amilton Da Silva memuji para pemainnya karena berhasil bermasin sesuai dengan apa yang diberikan saat latihan.

Dengan kemenangan ini, Persipura yang sebelumnya duduk di posisi 11 klasemen Liga 2018, berhasil naik ke peringkat tujuh. Sedangkan Barito kini harus puasa ada di posisi empat.

(T.KR-DHI/B/A020/C/A020)

Baca juga: Persipura lepas tiga pemain

Baca juga: Arema buru kemenangan lawan Persija demi ultah

Pewarta: Dhias Suwandi
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2018