Saya menginginkan pertumbuhan ekonomi, bukan hanya dari pertambangan saja, tetapi dari komoditas-komoditas lain seperti pertanian, kehutanan, perikanan dan perkebunan,
Jayapura, (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan mempromosikan Kopi Papua ke mancanegara karena dinilai berkualitas sangat bagus dan dapat diterima oleh pasaran luar negeri.

Penjabat Gubernur Papua Soedarmo di Jayapura, Sabtu, menyebutkan tahap awal ada dua negara yang akan dituju, yaitu Amerika Serikat dan Perancis.

"Jadi promosi kopi Papua ini tidak hanya kami lakukan di dalam negeri, tetapi akan kami lakukan di luar negeri melalui mitra di pameran kopi di Boston dan pada September di Menara Eiffel," ujarnya.

Penyelenggaraan "Festival Kopi Papua" di Jayapura pada 3-4 Agustus 2018, dinilai sebagai langkah bagus untuk memperkenalkan komoditas tersebut ke pasaran luas.

Menurut Soedarmo, festival serupa juga harus dilakukan di provinsi lain karena selama ini hanya kopi asal Wamena, Kabupaten Jayawijaya, yang dikenal, sementara Papua memiliki produk lain dari berbagai kabupaten lainnya yang juga memiliki kualitas tinggi.

Kopi bisa menjadi komoditas andalan yang dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi para petani.

"Saya menginginkan pertumbuhan ekonomi, bukan hanya dari pertambangan saja, tetapi dari komoditas-komoditas lain seperti pertanian, kehutanan, perikanan dan perkebunan," katanya.

Selain kopi, Soedarmo juga tengah berusaha membangun industri sagu di Papua karena luas lahannya sangat besar namun hingga kini belum terkelola dengan baik. 

Baca juga: Kopi Arabika Wamena Papua kembali bangkit

Baca juga: Mengenal kopi Oksibil dari Papua

Baca juga: Kopi Bali dan Papua curi perhatian di Wina

Pewarta: Dhias Suwandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018