Dia banyak menyusu dan banyak bermain, manis sekali
Paris (ANTARA News) - Yuan Meng, anak panda raksasa pertama Prancis, merayakan ulang tahun pertamanya di kebun binatang Beuval di pusat Prancis pada Sabtu (4/8), dengan kerumunan besar orang berkumpul untuk merayakannya meski cuaca sangat panas.

Kue, poster, maskot, dan bahkan buku dan CD tentang anak panda jantan itu ditawarkan kepada ratusan penggemar yang antre beberapa menit dengan harapan bisa mengabadikan sekilas panda gemuk itu.

Upacara perayaan berlangsung mulai sekitar pukul 09.15 waktu setempat, ketika Yuan Meng ditemani dua pemelihara memasuki kandang luar ruang dan mendapati kue ulang tahun berlapis madu, buah, dan daun bambu yang tidak langsung membangkitkan nafsu makan sang panda.

Anak panda itu lebih memilih bermain dengan induknya sebelum mencicipi kue, sementara para pengunjung merekam setiap gerakan sang bintang menggunakan ponsel.

"Saya tahu ada siaran langsung di TV, tapi saya lebih suka datang dan melihat Yuan Meng dengan mata kepala saya sendiri," kata seorang pengunjung yang mengaku bernama Bourreau kepada Xinhua sambil menikmati kue bersama suaminya

"Saya sudah mengunjungi panda raksasa ini beberapa kali sebelumnya. Yuan Meng tumbuh sangat baik dan dia sangat cantik dan lucu, saya mengambil banyak foto," ia menambahkan.

Pada 4 Agustus 2017, panda raksasa Huan Huan melahirkan bayi kembar di Prancis. Bayi pertama mati tak lama setelah lahir, dan yang kedua dinamai Yuan Meng, bahasa China yang artinya perwujudan mimpi, Desember tahun lalu.

Yuan Meng sudah tumbuh dari hanya 143 gram saat lahir menjadi 30 kilogram baru-baru ini, dan fisiknya sangat bagus menurut Rodolphe Delord, direktur umum kebun binatang.

"Dia terus menyusu pada induknya dan makan bambu secara teratur. Dia banyak menyusu dan banyak bermain, manis sekali," katanya.

Orangtua Yuan Meng, Huan Huan dan Yuan Zi, tiba di Prancis pada Januari 2012 dalam program peminjaman selama 10 tahun dari China.

Sejak pasangan itu datang, jumlah pengunjung Beauval Zoo mengganda, dan mencapai 1,5 juta pada 2017.

"Selama 2018, kami mengharapkan lebih dari 1,5 juta pengunjng, yang datang untuk melihat evolusi Yuan Meng, yang memungkinkan kami meningkatkan kesadaran publik mengenai program keragaman hayati," kata Delord.

Ada sekitar 2.000 panda raksasa di dunia. Mereka diklasifikasikan sebagai spesies rentan punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Baca juga: Tiongkok bangun taman nasional untuk panda raksasa
 Baca juga: Populasi panda penangkaran capai 520 di seluruh dunia

Pewarta: -
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018