Rengat (ANTARA News) - Pasukan Merah Putih Narapidana (MPN) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia diturunkan dalam pembangunan fasilitas umum di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

"Mereka diturunkan untuk membantu dan melayani masyarakat setempat. Hal ini sebagai bentuk rasa kepedulian," kata Kepala Rutan Kelas II Rengat Indragiri Hulu Bejo di Rengat, Minggu.

Kegiatan bakti sosial itu dipusatkan di Masjid Al-Ikhwan Jalan Lintas Pematang Reba, Rengat, Kelurahan Pematang Reba, Rengat Barat.

Pasukan Merah Putih Napi dari Rutan Kelas II B Rengat tersebut membangunan fasilitas umum, seperti toilet dan tempat wudhu di masjid.

Wakil Bupati Indragiri Hulu Khairizal, Ketua DPRD Miswanto, Kejari Supardi, dan Kasat Binmas Polres AKP Arsyad ikut hadir. Mereka juga membantu pembangunan tempat wudhu.

Menurut Bejo, program kegiatan itu disponsori oleh tiga UPT, yakni Lapas Tembilahan, Rutan Rengat, dan UPT Cabang Rutan Taluk Kuantan.

Bakti sosial itu juga merupakan salah satu cara rumah tahanan negara (rutan) melakukan pembinaan dan pembentukan karakter narapidana atau warga binaan.

Ia berharap ke depan setelah mereka bebas dapat mengimplementasikannya di tengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Indragiri Hulu Khairizal mengapresiasi bakti sosial Pasukan Merah Putih Narapidana.

Khairizal berharap kegiatan tersebut berkesinambungan. Pasalnya, setelah napi bebas, yang bersangkutan dapat berbaur dan bermasyarakat dengan baik sehingga masyarakat menerima keberadaan mereka.

Pewarta: Asripilyadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018