... biasa naik motor saya sendiri. Itu motor jaman kuliah, itu Vespa tahun 1968. Vespa itu warisan ayah saya, kami mulai gunakan pada 1973...
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menggunakan Vespa bernomor registrasi AB 6182 FA yang merupakan peninggalan dari almarhum ayahnya, Rasyid Baswedan.
     
Dalam akun instagram Baswedan, Sabtu, terlihat dia mengendarai Vespa klasik itu dari rumah pribadinya, di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, menuju kawasan Lubang Buaya di Jakarta Timur, untuk melihat lukisan mural.
     
"Saya biasa naik motor saya sendiri. Itu motor jaman kuliah, itu Vespa tahun 1968. Vespa itu warisan ayah saya, kami mulai gunakan pada 1973," kata Baswedan, di Jakarta Pusat, Minggu.
     
Dia menceritakan, Vespa itu sudah dia gunakan sejak SMA dan kuliah, dan teman-teman sekolahnya tahu bahwa Baswedan muda menggunakan skuter bermesin bensin 2-tak buatan Italia peninggalan bapaknya itu.
     
"Kenapa naik roda dua supaya tahu suasana Jakarta sampai angin-anginnya pun angin Jakarta, panasnya pun panas Jakarta, sejuknya pun sejuk Jakarta. Kalau di dalam mobil terus tidak terasa," kata dia.
   
Dan mudah bagi dia kalau masuk dalam kampung, kalau mau belok kapan saja, ke arah mana saja. Serta bisa masuk rute kawasan kalau naik mobil susah untuk ditempuh. "Sebagian saya kirimkan di Instagram, sebagian tidak, dan jalan terus," katanya.
       
Kedatangan sang gubernur ke kawasan Lubang Buaya melihat dari dekat antusiasme warga dalam menyambut Asian Games 2018.  Dan bukan hanya di satu tempat, tapi di banyak tempat.
     
"Saya naik motor keliling kemarin, saya merasakan suasana jalan makin indah karena partisipasi warga itu banyak. Maka diinstruksikan ke camat dan lurah kalau ada warga yang melakukan kegiatan agar dibantu dan difasilitasi, jangan dipersulit dan betul - betul diberikan. Dan warga merasa pemerintahnya ikut dan serius," kata Baswedan

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018