Surabaya (ANTARA News) - Persebaya Surabaya menang atas Persela Lamongan dengan skor 3-1 pada pertandingan Liga 1 pekan ke-19 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu.

"Syukurlah kami mampu meraih tiga poin dan ini adalah kemenangan yang sangat penting," ujar Pelatih Caretaker Persebaya, Bejo Sugiantoro, kepada wartawan usai pertandingan.

Sedangkan, Pelatih Persela Lamongan Aji Santoso mengakui keunggulan lawannya dan mengucapkan selamat atas kemenangan Persebaya.

"Kami akui Persebaya bermain bagus dan selamat. Pertandingan ini menjadi evaluasi bagi kami, khususnya di sektor pertahanan," ucapnya.

Gol-gol pada pertandingan tersebut masing-masing dicetak oleh David Da Silva dua gol menit ke-17 dan ke-61, Rendi Irwan Saputra menit ke-29, serta gol Persela oleh Agung Pribadi menit ke-90+2.

Jalannya pertandingan babak pertama, 15 menit awal praktis dikuasai oleh tuan rumah, terbukti serangan-serangan yang dilancarkan merepotkan penjaga gawang Persela Dwi Kuswanto. Bahkan, tendangan penjuru Persebaya tercatat sudah empat kali yang beberapa di antaranya nyaris berbuah gol.

Menit ke-17, melalui skema serangan balik, Rendi Irwan yang mengirim umpan terobosan ke David Da Silva mampu dimanfaatkan dengan baik usai menang adu lari dengan bek Persela.

Gol pertama membuat serangan Bajul Ijo, julukan Persebaya, semakin termotivasi, ditambah dukungan puluhan ribu Bonek Mania yang memadati stadion. 

Menit ke-29, Persebaya menggandakan keunggulannya melalui aksi individu kapten tim, Rendi Irwan Saputra, yang mampu melewati sejumlah pemain belakang Persela sebelum akhirnya melepaskan tendangan dari luar kotak pinalti. Hingga turun minum, skor 2-0 untuk Persebaya. ?? ?

Sementara itu, jalannya pertandingan babak kedua, Persela yang disaksikan langsung ribuan suporternya, LA Mania, mengurung pertahanan Persebaya dan memaksa kiper Dimas Galih bekerja keras mengamankan gawangnya.

Persebaya yang disaksikan 23 ribu suporternya tak ingin kebobolan dan sesekali melancarkan serangan balik hingga akhirnya David Da Silva sukses menggandakan golnya dan membuat unggul 3-0 pada menit ke-61.

Usai gol ketiga Persebaya, tempo permainan menurun dan tidak ada serangan kedua tim yang membahayakan gawang lawan.

90 menit waktu normal, skor tidak berubah, tapi dua menit waktu tambahan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Persela yang mencetak gol melalui Agung Pribadi usai memanfaatkan kemelut hasil tendangan penjuru.

Usai gol tersebut, wasit Faulur Rosy asal Nanggroe Aceh Darussalam meniupkan peluit panjang dan skor akhir 3-1 untuk kemenangan Persebaya. (F014).


Baca juga: Perseru tahan imbang 10 pemain PSM
Baca juga: Laga Borneo vs Mitra Kukar diawali penghormatan untuk Sultan Kukar


(F014/B015)

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018