Jakarta, 5/8 (Antara) - Tim nasional bola basket 3X3 putri Indonesia baru memastikan dua dari empat nama atlet yang mengisi skuat untuk Asian Games (AG) XVIII 2018.

Manajer timnas 3X3 Fareza Tamrella menyebut dua nama yang dipastikan menjadi bagian dari timnas adalah Putu Eka Liana Febiananda dan Dewa Made Ayu Sriartha Kusuma Dewi. 

"Mereka 'big man' kami dan posisinya sudah aman. Kami tinggal menyeleksi pemain 'small'," ujar Fareza di Istana Olahraga (Istora) Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu. 

Adapun saat ini, skuat timnas 3X3 putri masih beranggotakanl lima nama. Selain Eka dan Ayu, juga ada Christie Apriani Rumambi, Delaya Maria dan Regita Pramesti.

Fareza memastikan empat nama untuk Asian Games 2018 akan diperoleh pada Senin (6/8) malam.

Baca juga: 3X3 Indonesia kejar prestasi Asian Games

"Besok malam dikerucutkan menjadi empat nama," tutur dia. 

Sempat sudah menemukan komposisi terbaik, timnas 3X3 putri limbung karena Jovita Elizabeth Simon, pemain andalan yang terlibat di pemusatan latihan dan beberapa kompetisi di China juga Eropa, mengalami cedera di bagian ligamen lutut "anterior cruciate ligament" (ACL).

Cedera itu membuat Jojo, sapaan Jovita, tidak bisa tampil di Asian Games 2018. Pelatih timnas putri Wahyu Widayat Jati pun harus memutar otak bagaimana menggantikan peran Jojo yang dianggapnya memiliki kemampuan menggiring bola yang baik.  

"Saya mencari cara bagaimana anak-anak yang ada saat ini bisa menjalankan peran Jovita dengan caranya masing-masing," tutur Wahyu. 

Sementara, berbeda dengan timnas putri, timnas 3X3 putra pada Selasa (24/7) sudah mengumumkan empat pemain untuk Asian Games 2018. Mereka adalah Erick Jonathan Gosal, Rivaldo Tandra Pangesthio, Vincent Rivaldi Kosasih dan Agassi Goantara. 

Pertandingan bola basket 3X3 Asian Games 2018 sendiri akan digelar pada 21-26 Agustus 2018 di Arena Tenis Lapangan (outdoor) Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Baca juga: 12 pemain ikuti seleksi pertama timnas basket 3x3

Baca juga: Pemain Timnas bola basket 3X3 putri diumumkan awal Agustus

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018