.... Tidak ada kerusakan yang berarti sehingga dapat kembali beroperasi secara normal
Jakarta (ANTARA News) - Bandar Udara International Lombok serta bandar udara sekitarnyatelah kembali beroperasi secara normal pascagempa bumi 7 Skala Richter beberapa jam sebelumnya. 

Bandara yang berada di sekitar Puau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni Bandar Udara Ngurah Rai Bali, Bandar Udara Sultan M Salahuddin Bima, Bandar Udara Sultan M Kaharuddin Sumbawa, Bandar Udara Tambolaka Sumba serta Bandar Udara Komodo Labuan Bajo
   
Semua sudah dalam keadaan aman dan sudah kembali beroperasi secara normal pascagempa 7,0 Skala Richter yang mengguncang daerah Lombok pada Minggu malam pukul 18.46 Wita.

"Saya sudah mendapat info, bahwa bandara di Lombok, Bali dan daerah-daerah sekitarnya bahwasannya disana aman. Tidak ada kerusakan yang berarti sehingga dapat kembali beroperasi secara normal," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Minggu.

Saat gempa terjadi, penumpang di Bandara International Lombok sempat dievakuasi ke luar terminal namun beberapa saat kemudian sudah kembali masuk ke dalam ruang tunggu terminal.

Sementara di Bandara Ngurah Rai Bali walaupun sempat terjadi penundaan keberangkatan (delay) setelah gempa terjadi, namun kini operasional sudah berjalan normal kembali.

"Di Lombok penumpang langsung diarahkan ke luar terminal oleh petugas bandara pada saat kejadian, tetapi sekitar 45 menit setelahnya sudah masuk lagi ke terminal. Di Bali tadi sempat terjadi delay, tapi sekarang juga sudah bisa beroperasi kembali," katanya.

Selain di bandar udara, beberapa Pelabuhan di Pulau Lombok seperti Pelabuhan Pemenang, Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Carik diketahui belum ada temuan kerusakan sarana dan prasarana akibat gempa.

"Beberapa pelabuhan di Lombok juga tadi diinfokan bahwa belum ada temuan kerusakan. Namun petugas masih terus melakukan pengecekan," katanya.

Budi mengimbau para penumpang dan petugas untuk tetap waspada mengantisipasi gempa susulan yang masih terus terjadi.

"Saya menghimbau kepada para penumpang maupun petugas di bandara dan pelabuhan untuk tetap waspada, karena seperti yang diketahui masih ada gempa susulan," katanya.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai beroperasi normal pascagempa Lombok
Baca juga: AP I: operasional Bandara Lombok Praya kembali normal

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018