Jakarta (ANTARA News) - Talenta muda Manchester City, Phil Foden, mendapat pujian dari sang pelatih Pep Guardiola ketika tampil cantik dalam laga pembuka musim, FA Community Shield, kontra Chelsea yang berakhir dengan kemenangan 2-0 di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu.

Foden bahkan membukukan sebuah assist setelah umpan pendeknya berujung gol pembuka keunggulan City, yang dicetak oleh Sergio Aguero pada menit 13.

Pemain berusia 18 tahun itu tampil selama 76 menit di laga tersebut sebelum digantikan sesama pemain muda lain, Brahim Diaz.

"Phil Foden siap untuk Liga Premier Inggris, kami siap musim lalu dan kini ia memiliki satu tahun pengalaman lagi. Itu hal baik bagi kami," kata Guardiola sebagaimana dicuitkan akun twitter resmi City selepas pertandingan.
 
Foden memang tampil cukup optimal di laga tersebut, bahkan amat efektif dalam menjaga ruang gerak jenderal lapangan tengah anyar Chelsea, Jorginho, yang diboyon Maurizio Sarri dari tim lamanya, Napoli.

Laman pencatat statistik sepak bola Opta mencatat Foden setidaknya menghasilkan 63 kali sentuhan sepanjang laga, serta melepaskan 45 kali percobaan umpan yang 38 di antaranya menemui sasaran atau setara tingkat akurasi 76 persen.

Ia juga melepaskan sebuah percobaan tembakan pada menit 52, yang sayangnya masih terlalu mudah dijinakkan penjaga gawang Willy Caballero.

Baca juga: City angkat Community Shield kelima usai tundukkan Chelsea 2-0

Pemenang anugerah Bola Emas Piala Dunia U-17 2017 tersebut meninggalkan lapangan dengan sambutan tepuk tangan gemuruh dari tribun pendukung City.

Penampilan apik Foden di Community Shield bukan tidak mungkin akan membawanya merumput ketika City melakoni laga perdana mereka di Liga Inggris 2018-2019 dalam lawatan ke markas Arsenal di Stadion Emirates, London, Minggu (12/8).

Baca juga: City ikat Gabriel Jesus hingga 2023

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018