"Proses penyatuan roket dan satelit telah dilaksanakan..."
Florida (ANTARA News) - PT Telkom Tbk memastikan peluncuran Satelit Merah Putih akan dilaksanakan pada Selasa, 7 Agustus 2018 waktu setempat di Cape Canaveral Air Force Station, Orlando, Florida,  Amerika Serikat.

"Proses penyatuan roket dan satelit telah dilaksanakan sehingga tinggal menunggu waktu peluncuran saja," kata Direktur Network & IT Solution (NITS) Telkom, Zulhelfi Abidin di Forida, Amerika Serikat, Minggu.

Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX), yang ditunjuk PT Telkom sebagai kontraktor peluncuran, melaporkan Satelit Merah Putih saat ini telah dirangkai menjadi satu dengan roket dan siap diluncurkan.

Abidin menjelaskan peluncuran Satelit Merah Putih menghemat biaya sekitar 25 persen dari peluncuran satelit sebelumnya. Satelit Telkom 3S, yang diluncurkan pada 15 Februari 2016, menelan 215 juta dolar AS, sedangkan proyek peluncuran Satelit Merah Putih hanya menghabiskan 165 juta dolar AS, sudah termasuk biaya asuransi sebesar 10 juta dolar AS.

Penghematan terjadi karena Satelit Merah Putih menggunakan roket pendorong milik Space X yang dapat digunakan berulang. Teknologi yang diterapkan SpaceX itu dapat menghemat biaya, karena sistem roket pendorong dapat digunakan kembali hingga sepuluh kali pemakaian.

Dengan Peluncuran Satelit Merah Putih diharapkan dapat menuntaskan secara cepat masalah komunikasi di seluruh Indonesia, terutama di pelosok dan wilayah terluar Indonesia, selain menjadi peluang bisnis baru bagi PT Telkom di kawasan Asia Selatan.

Baca juga: Menteri Bumn: Satelit Merah Putih siap diluncurkan
Baca juga: Kabel optik putus, Telkom aktifkan jaringan cadangan via satelit

 

Pewarta: Teguh Priyanto/Saptono
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018