London  (ANTARA News) - Newcastle United menyelesaikan penandatanganan pinjaman musim panas striker Venezuela Salomon Rondon dari West Bromwich Albion pada hari Senin waktu setempat, dengan pemain depan Dwight Gayle ke West Brom dalam kesepakatan yang sama.

Rondon, merupakan pemain keenam Newcastle yang dihadirkan menjelang penutupan musim, mencetak 10 gol dalam 40 pertandingan di semua kompetisi untuk West Brom musim lalu saat mereka terdegradasi dari Liga Premier.

Manajer Newcastle Rafael Benitez, yang  vokal tentang kebutuhan klub untuk menambahkan wajah baru saat jendela transfer, sangat senang dengan peminjaman Rondon.

Baca juga: Rondon dikontrak West Brom pada nilai transfer tertinggi klub

"Ketika kami mencari opsi di depan, kami tahu betapa pentingnya pengalaman itu. Salomon telah berada di Liga Premier untuk sementara waktu dan dia tahu betapa beratnya itu," katanya.

Rondon, 28, mengatakan dia telah menyadari minat Benitez untuk mengamankan jasanya.

"Merupakan suatu kehormatan untuk berada di sini dan saya bersemangat untuk memulai dengan rekan tim saya," tambah sang striker. "Klub-klub itu berbicara untuk waktu yang lama."

Sementara itu, Gayle yang berusia 27 tahun, memainkan bagian penting dari kembalinya Newcastle ke divisi teratas pada 2017, dengan mencetak 23 gol dalam 32 penampilan saat klub timur laut Inggris itu memenangkan promosi.

Pelatih kepala West Brom, Darren Moore, mengatakan track record Gayle di Championship adalah faktor kunci untuk kontrak pinjamannya.

"Kesepakatan ini adalah yang terbaik bagi kedua klub," tambah Moore. "Dwight adalah pencetak gol yang sudah terbukti di Championship. Dia cepat dan tajam di belakang bek dan saya yakin dia akan menambah ancaman gol kami."

Baca juga: Setelah Lopetegui dipecat, Newcastle tawarkan Benitez untuk timnas Spanyol

Baca juga: Newcastle kontrak pemain depan Jepang Yoshinori Muto

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018