Kami juga ingin menyampaikan simpati yang mendalam kepada seluruh keluarga korban yang meninggal serta mendoakan agar para korban luka dapat segera sembuh, kemudian area yang mengalami kerusakan akibat gempa dapat segera pulih,
Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan ucapan simpati yang mendalam kepada Presiden RI Joko Widodo terkait gempa bumi yang terjadi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada MInggu (5/8).

"Bapak Shinzo Abe bersimpati mendalam atas banyaknya warga Indonesia yang menjadi korban pada kejadian ini serta mendoakan agar wilayah yang terkena dampak gempa akan dapat segera pulih kembali," demikian keterangan tertulis Kedutaan Besar Jepang di Jakarta yang diterima Antara pada Selasa.

Selain PM Abe, Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono juga telah mengirimkan ucapan simpati dan belasungkawa kepada Menlu RI Retno Marsudi.

Pemerintah Jepang telah siap memberikan bantuan apapun yang diperlukan oleh pemerintah Indonesia.

"Kami juga ingin menyampaikan simpati yang mendalam kepada seluruh keluarga korban yang meninggal serta mendoakan agar para korban luka dapat segera sembuh, kemudian area yang mengalami kerusakan akibat gempa dapat segera pulih," ujar Kono.

Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter yang mengguncang Lombok pada Minggu (5/8) malam menyebabkan 105 orang meninggal dunia dan lebih 200 orang luka-luka.

Gempa bumi yang sempat disusul tsunami dengan tinggi 13 cm ini juga mengakibatkan kerusakan parah di sejumlah daerah di Lombok, terutama di Lombok Utara, juga beberapa wilayah di Bali.

Baca juga: Simpati untuk korban gempa mengalir lewat #PrayForNTB
Baca juga: Evakuasi wisatawan dari tiga Gili berjalan lancar

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2018