Medan (ANTARA News) - Sebanyak 30 orang  Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Papua Barat yang tiba di Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa malam dijadwalkan mengunjungi Kawasan Industri Medan (KIM) di Mabar.

Penanggung jawab  dari PT Hutama Karya, Intan safitri yang dihubungi Selasa (7/8) malam mengatakan, rombongan  SMN Papua Barat akan mengawali kegiatan mereka di Kota Medan, Rabu (8/8) dengan mengunjungi Kawasan Industri Medan (KIM) di Mabar.

"Di lokasi industri yang cukup terkenal itu, para siswa SMN akan menerima pengenalan mengenai KIM dan sektor perindustrian, ditambah permainan tanya jawab," ujar Safitri.

 Ia mengatakan,  Rabu sorenya, siswa program SMN ini akan berangkat ke Semayang untuk mendapatkan materi mengenai kegiatan Manajemen PT Hutama Karya (PT.HK) di bidang konstruksi yang diharapkan bermanfaat bagi para siswa.

"Usai kegiatan pengenalan proyek bangunan yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya, siswa SMN Papua Barat kembali ke tempat penginapan Wisma Sudirman untuk istirahat," kata Safitri.

Sebelumnya pada Selasa malam, rombongan SMN Papua Barat dengan menggunakan penerbangan Pesawat Sriwijaya tiba di Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, sekira pukul 22.15 WIB, dan kemudian  menginap di Wisma Sudirman Jalan Patimura Medan, ujarnya.
 
SMN merupakan program dari BUMN Hadir untuk Negeri berupa pertukaran pelajar yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kementerian BUMN mengkoordinasi berbagai perusahaan milik pemerintah, termasuk PT.Hutama Karya untuk melaksanakan program tersebut.

Baca juga: BUMN hadir bagi pemerataan ekonomi Papua

Sebelumnya, Selasa (31/7) puluhan siswa program SMN dari Sumatera Utara (Sumut) diberangkatkan dari Pelabuhan Belawan, Medan dengan menggunakan KM Kelud tujuan Jakarta.

Selama berada di Jakarta, siswa SMN Sumut mengunjungi Masjid Istiqlal, Kantor Pos, Proyek MRT yang dikerjakan PT Hutama Karya, PT Nindya Karya, Djakarta Lloyd, ke Museum Mandiri, Wisata ke Monas dan tempat penting lainnya.

Siswa SMN asal Sumut itu, telah selesai melaksanakan kunjungan mengenal nusantara dan kembali ke daerah kabupaten/kota masing-masing.

 Baca juga: Perhutani dan Pelindo IV dampingi SMN Papua Barat di Makassar
 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018