Obligasi ini akan memperkuat struktur pendanaan bank dan ekspansi kredit perusahaan
Jakarta (ANTARA News) - Bank Mandiri berencana menerbitkan obligasi bertenor lima tahun dengan target indikatif Rp3 triliun dengan kupon 7,75 - 8,50 persen di kuartal III tahun ini.

Obligasi ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I Tahap III, di mana Tahap I dan II dilakukan pada 2016 dan 2017 dengan masing-masing nilai Rp5 triliun dan Rp6 triliun.

"Obligasi ini akan memperkuat struktur pendanaan bank dan ekspansi kredit perusahaan," kata Direktur Treasuri dan Perbankan Internasional Bank Mandiri Darmawan Junaidi di Jakarta, Rabu.

Ekspansi kredit perseroan akan mencakup proyek pembiayaan untuk jangka panjang termasuk proyek infrastruktur dan energi.

Total target penghimpunan dana melalui PUB I adalah Rp14 triliun.

Dalam PUB Tahap III ini, perseroan menunjuk enam perusahaan penjamin emisi, yakni Mandiri Sekuritas, Bahana Sekuritas, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, Danareksa Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas.

Penawaran Awal PUB I Tahap III ini akan dimulai pada 8-24 Agustus 2018, dengan Penawaran Umum diperkirakan pada 14-17 September 2018.

Mandiri, emiten bersandi BMRI ini juga berencana menerbitkan obligasi subordinasi Rp500 miliar yang dapat dikonversi sebagai modal guna memenuhi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan soal surat utang untuk bank berkategori sistemik.

Hingga akhir semester I 2018, Bank Mandiri berhasil menyalurkan kredit Rp762,5 triliun atau tumbuh 11,8 persen secara tahunan (yoy) dan menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) Rp803 triliun atau naik 5,5 persen (yoy) jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp760,8 trilun.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2018