London (ANTARA News) - Kiper Athletic Bilbao Kepa Arrizabalaga telah membayar klausa "buy out"nya sebesar 80 juta euro untuk memutus kontraknya bersama klub Spanyol itu menjelang kemungkinan kepindahannya ke Chelsea.

Pemain 23 tahun itu diperkirakan akan direkrut klub Liga Inggris itu pada Rabu, di mana kiper mereka saat ini Thibaut Courtois disebut-sebut akan pindah ke Real Madrid.

"Liga Spanyol telah mengonfirmasi kepada kami bahwa Kepa Arrizabalaga telah memenuhi persyaratan-persyaratan untuk pemutusan kontrak unilateralnya dengan Athletic Club," kata Bilbao dalam pernyataannya.

Baca juga: Kiper Bilbao Arrizabalaga harus menepi karena patah kaki

"(Ia telah mengakhiri) kemitraan yang mengaitkan dirinya dengan kami sejak musim 2004/2005 dan jumlah kompensasi yang ada di kontrak telah disetorkan."

Pada angka 80 juta euro, Arrizabalaga akan menjadi kiper termahal sepanjang sejarah sepak bola, mengungguli harga kiper baru Liverpool Alisson Becker, yang didatangkan dari AS Roma dengan nilai 75 juta euro pada awal bursa transfer ini.

Setelah dikait-kaitkan dengan Real Madrid, Arrizabalaga meneken kontrak baru dengan Bilbao pada Januari yang membuat biaya rilisnya naik menjadi 80 juta euro.

Manajer Chelsea Maurizio Sarri memuji Arrizabalaga pada Selasa malam.

"Saya melihat (Kepa) setahun silam, kesan pertama saya adalah ia merupakan kiper yang sangat bagus, sangat muda namun sangat bagus," kata pria Italia itu setelah melihat timnya bermain imbang 0-0 dengan Olympique Lyonnais pada pertandingan persahabatan.

Reuters/H-RF

Baca juga: Roma, Bilbao, dan Spartak dihukum UEFA

Pewarta: -
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018