Kami berharap Pets Carnival dapat mengajak masyarakat untuk mencintai satwa dan memelihara hewan piaraan dengan sebaik-baiknya, sehingga kelestarian satwa baik satwa yang dilindungi maupun satwa yang dipelihara tetap terjaga di Indonesia
Jember (ANTARA News) - Berbagai hewan peliharaan berdandan unik dan cantik, berlenggak lenggok didampingi pemiliknya di atas catwalk sepanjang 1 kilometer lebih, mulai dari halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Jember hingga Lippo Plaza Mall Jember, Jawa Timur, Rabu sore.

Kehadiran hewan-hewan seperti kucing, musang, anjing, ayam hias, dan ular dalam rangkaian Jember Fashion Carnaval (JFC) ke-17 menambah semarak suasana. Tingkah hewan-hewan yang menggemaskan dan lucu dengan dandanan yang menarik, berhasil menghibur masyarakat yang sudah menunggu sejak siang di sepanjang jalan yang dilalui peserta Pets Carnaval.

Sekretaris Kabupaten Jember Mirfano yang membuka Pets Carnival berharap kegiatan JFC dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara, sehingga hal tersebut dapat berdampak pada sektor perekonomian di Kabupaten Jember.

"Dengan Pets Carnival merupakan sesuatu yang baru pada JFC tahun ini akan menambah animo masyarakat untuk datang ke Kabupaten Jember," kata Mirfano.

Menurutnya, Indonesia memiliki keanekaragaman satwa, bahkan 17 persen satwa yang ada di dunia berada di Indonesia, sehingga sudah selayaknya masyarakat Indonesia ikut menjaga dan memelihara hewan langka, agar tidak punah dan mencintai hewan yang dipelihara.

"Kami berharap Pets Carnival dapat mengajak masyarakat untuk mencintai satwa dan memelihara hewan piaraan dengan sebaik-baiknya, sehingga kelestarian satwa baik satwa yang dilindungi maupun satwa yang dipelihara tetap terjaga di Indonesia," ucap mantan Kepala Dinas Koperasi itu.

Mirfano menjelaskan karnaval hewan peliharaan itu juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk melindungi dan memelihara binatang yang ada di lingkungannya, sehingga ajakan untuk sayang terhadap binatang dapat digelorakan dalam Pets Carnival.

Presiden JFC Dynand Fariz mengatakan, Pets carnival digelar untuk pertama kalinya dalam rangkaian JFC.

"Kami menggandeng berbagai komunitas pecinta hewan di Jember," kata Presiden JFC Dynand Fariz di Jember.

Ia menambahkan, selain Pets Carnival juga ada Kids Carnival yang digelar Kamis (9/8), JFC Rhythm Artwear Carnival pada Jumat (10/8), Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI) pada Sabtu (11/8) dan Grand Carnival pada Minggu (12/8), serta JFC International Exhibition (10-12 Agustus 2018).

Tema JFC 2018 adalah 'AsiaLight' yang terinspirasi dari Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia. Hari ini adalah pembukaannya saja yang menampilkan etalase rangkaian talent JFC yang mengenakan kostum sesuai dengan defile mulai pada 8-12 Agustus 2018.

Baca juga: Ayo sayangi hewan peliharaan

Baca juga: Hewan peliharaan juga bisa alergi makanan

Baca juga: Memanjakan hewan peliharaan di Pets.id


Baca juga: Jember Fashion Carnaval ramaikan peringatan Kemerdekaan RI

Baca juga: Penumpang KA ke Jember meningkat selama Jember Fashion Carnaval

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018