Bantuan revitalisasi TPI Ujung Genteng tersebut akan digunakan untuk perbaikan selokan dan penyediaan air bersih.
Sukabumi, (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno menyalurkan bantuan revitalisasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Sukabumi senilai Rp150 juta bekerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

"Tempat pelelangan ikan ini cukup bagus dan rapi, tetapi ternyata selokannya sudah tidak baik dan kami akan perbaiki," kata Rini ketika meninjau TPI Ujung Genteng, Kamis.

Bantuan revitalisasi TPI Ujung Genteng tersebut akan digunakan untuk perbaikan selokan dan penyediaan air bersih.

Kepala Seksi Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Sukabumi, Andi menyebutkan terdapat 1.342 nelayan yang memanfaatkan TPI Ujung Genteng.

Jenis ikan yang banyak ditemui di TPI Ujung Genteng sendiri antara lain ikan layur, ikan tongkol, ikan tenggiri dan udang. Hasil tangkapan tersebut didistribusikan ke Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Selain bantuan revitalisasi TPI, BUMN juga memberikan bantuan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) pembangunan fasilitas MCK di area wisata Ujunggenteng senilai Rp50 juta dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Kemudian, PT Asuransi Jasa Indonesia juga memberikan CSR berupa satu unit kapal nelayan 3 GT dan alat tangkap ikan senilai Rp100 juta.
Baca juga: Aktivitas lelang ikan TPI Pekalongan kembali lumpuh
Baca juga: Pandeglang akan bangun dua TPI

 

Pewarta: Roberto Calvinantya Basuki
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018