Pekanbaru (ANTARA News) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengagumi dedikasi Presiden Republik Indonesia ke-3 Baharuddin Jusuf Habibie dalam hal pengembangan sains dan teknologi bagi kemajuan bangsa.

"Semangat beliau untuk terus mengembangkan pesawat berikutnya di Indonesia tentu kita dorong. Dan memang beliau orang yang bisa membangun untuk itu," kata Andi usai acara jamuan makan malam Hari Kebangkitan Teknologi Nasional bersama BJ Habibie di Pekanbaru, Kamis (9/8).

Dia mengaku banyak sekali mendapat wawasan dan inovasi baru terkait teknologi. Soal pembuatan pesawat, mungkin kebanyakan masyarakat tidak menyadari bahwa sayap baru pesawat yang banyak dipakai sekarang merupakan karya BJ Habibie.

"Itu dipakai oleh semua jenis pesawat, baik Boeing ataupun Airbus. Itu pakai teknologinya Pak Habibie," ujarnya.

Terkait Hakteknas yang diselenggarakan di Provinsi Riau ini, ia mengatakan ini juga erat hubungannya dengan prestasi yang dilakukan BJ Habibie dalam rangka memajukan teknologi nasional. Kehadiran Presiden Republik Indonesia ke-3 ini, lanjutnya, diharapkan memberi semangat dan motivasi khususnya bagi generasi muda di Riau.

"Betapa antusiasnya generasi muda, sekurang-kurangnya ingin berfoto dan menyampaikan keinginan mereka ke Pak Habibie. Malah ada yang menyampaikan untuk mendoakan anaknya bisa pintar seperti Bapak Habibie. Spontanitas itu bisa menimbulkan semangat dan itu salah satunya yang positif," ujar Gubernur.

Dalam ajang Hakteknas ini, Andi Rachman mengatakan bahwa ini mungkin pertama kalinya kegiatan dilaksanakan di Riau dalam skala nasional. Dirinya bangga berharap sumber daya di Riau ini siap mencapai prestasi yang hebat di Indonesia yang selama ini dorongan menurutnya hanya dorongan yang kurang.

Pada Hakteknas ini dilaksanakan Ritech Expo yang diikuti sejumlah kementerian dan lembaga serta perguruan tinggi yang bertempat di Gedung Daerah, Rumah Dinas Gubernur Riau, 10-12 Agustus 2018. Rencananya juga akan ditampilkan penemuan dan inovasi baru yang ada di Indonesia.

"Dari kita Fakultas Teknik Universitas Riau juga akan memperagakan temuan-temuan mereka. Harapan saya masyarakat untuk mengunjungi Hakteknas ini yang Jumat (10/8) dibuka dan kunjungi exponya," ujar dia.

Baca juga: BJ Habibie hadiri Hakteknas di Pekanbaru

Baca juga: Riau tuan rumah peringatan Hakteknas ke-23 2018


 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018