Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita pilihan pada Kamis (9/8), mulai dari cawapres pilihan Jokowi dan Prabowo, Indonesia tantang Thailand di Piala AFF U-16 hingga penampilan Elek Yo Band untuk membantu korban gempa di Lombok.

Jokowi akhirnya pilih Ma'ruf Amin jadi cawapres

Jakarta (ANTARA News) - Rais 'Aam PBNU KH Ma'ruf Amin diputuskan sebagai cawapres bagi Joko Widodo dalam pertemuan koalisi partai politik pendukung berlangsung di Jakarta, Kamis malam.

"Setelah melalui perenungan yang mendalam dan dengan mempertimbangkan saran dari berbagai elemen masyarakat maka saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi yaitu koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres 2019-2024 adalah Prof Dr KH Ma'ruf Amin," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah pertemuan koalisi partai pendukung Jokowi.

Jokowi menyebutkan alasan pemilihan Ma'ruf Amin lantaran latar belakang, pengalaman, hingga sikapnya yang mencerminkan keteladanan tinggi.


Resmi, Prabowo berpasangan dengan Sandiaga

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto resmi mengumumkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno sebagai calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden 2019.
       
Prabowo mendeklarasikan Sandiaga sebagai pasangannya di rumah pribadinya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis malam
       
Saat membacakan deklarasi, Prabowo didampingi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman serta tokoh-tokoh nasional lainnya seperti Rachmawati Soekarnoputri, Fuad Bawazier dan Amien Rais.

Prabowo mengatakan sosok Sandiaga Uno merupakan pilihan terbaik dari yang ada sehingga dipilih sebagai calon wakil presiden pada Pemilu Presiden 2019.

Benarkah HIV/AIDS ditularkan lewat ciuman? Ini daftar hoax dan faktanya

Jakarta (ANTARA News) - Hoax alias berita tidak benar bukan cuma menyerempet isu politik, tapi juga isu kesehatan, salah satunya tentang penularan HIV/AIDS.

Informasi yang simpang siur dapat membuat masyarakat kalang kabut karena tidak bisa membedakan mana fakta dan mana hoax.

Ini juga memperparah stigma terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang bisa mengalami diskriminasi sosial oleh masyarakat yang salah paham.

Hoax ini juga menghambat upaya tenaga medis dan aktivis yang ingin mengampanyekan pencegahan penyakit tersebut serta bagaimana cara merawat ODHA.

Dokter Adyana Esti, tenaga medis klinik Angsamerah Jakarta, dalam diskusi di Jakarta, Kamis, membeberkan deretan hoax seputar HIV/AIDS yang harus dipahami faktanya oleh masyarakat.


Indonesia tantang Thailand di final AFF U-16

Sidoarjo (ANTARA News) - Indonesia akan menantang Thailand di final  Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Malaysia 1-0 pada laga semifinal yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis malam.

Gol semata wayang Garuda Muda diciptakan oleh Bagus Kahfi di menit ke 72 melalui tendangan penalti.

Sejak menit pertama Indonesia langsung tampil menyerang masuk ke jantung pertahanan Malaysia. Namun upaya-upaya yang dilakukan anak asuh Fachri Husaini masih bisa dipatahkan pemain belakang Malaysia.

Menit ke 29 kapten timnas David hampir mencetak gol melalui tendangan keras yang melenceng di atas mistar gawang Malaysia.


Elek Yo Band tampil dengan lima lagu untuk korban gempa Lombok

Jakarta (ANTARA News) - Elek Yo Band, grup musik gabungan menteri Kabinet Indonesia membawakan lima tembang dalam Konser Kemanusiaan untuk Lombok yang bertujuan untuk menggalang dana bagi korban gempa bumi yang melanda pulau tersebut.
     
Dalam acara yang digelar di Cilandak Town Square pada Kamis malam, Elek Yo Band menghadirkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (drum), Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (keyboard) serta Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi masing-masing pada gitar akustik dan vokal.

Ada pula Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai vokalis dan suami Menlu Retno, Agus Marsudi, turut serta meainkan gitar.

Diantara lima tembang yang dibawakan Elek Yo Band, tiga diantaranya adalah lagu-lagu kenamaan asal dalam dan luar negeri seperti "Stand By Me", "Bento" dan "Andaikan Kau Datang Kembali".

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018