Kebakaran landa pabrik pengolahan kayu di Sukabumi

Kebakaran landa pabrik pengolahan kayu di Sukabumi

Ilustrasi - Asap hitam tampak membumbung tinggi dari dalam gudang pabrik daur ulang bahan sandal di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (3/8). (Devi Nindy)

Sukabumi (ANTARA News) - Pabrik pengolahan kayu milik PT Grand Hill Jaya yang berada di Kampung Selakopi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat hangus akibat kebakaran yang terjadi pada Jumat (10/8) dini hari.

"Kebakaran pabrik di RT 02 RW 06, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan tersebut diduga berasal dari mesin oven yang sedang mengolah kayu yang percikan apinya menjalar ke barang di sekitarnya," kata Kasubag Humas Polres Sukabumi AKP Sunarto di Sukabumi, Jumat.

Informasi yang dihimpun, kebakaran tersebut sempat membuat panik karyawan pabrik dan warga sekitar. Sebab, api dengan cepat membesar dan membakar seluruh bangunan di pabrik kayu tersebut.

Tidak lama setelah api melahap bangunan, empat unit mobil pemadam kebakaran dari Palabuhanratu tiba di lokasi berupaya memadamkan api. Dalam upaya memadamkan kebakaran tersebut, mereka dibantu petugas dari unsur TNI, Polri, pemerintah daerah dan relawan.

Dalam proses pemadamanya, petugas damkar cukup kesulitan karena api terus membesar yang disebabkan tumpukan barang yang mudah terbakar seperti kayu di dalam bangunan.

Akhirnya api baru bisa dipadamkan pada Jumat (10/8) pagi, namun hingga kini bara api di beberapa titik masih menyala. Secara umum kondisi di lokasi kejadian sudah kondusif.

"Untuk kerugian akibat peristiwa ini masih dalam perhitungan pemilik pabrik, namun tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut dan kami sudah memintai keterangan dari sejumlah saksi," tambahnya.

Sunarto mengatakan, sebagai mengantisipasi hal yang tidak diinginkan di lokasi pihaknya sudah memasang garis polisi untuk kepentingan penyelidikan.

Baca juga: Petugas berhasil padamkan kebakaran pabrik sol sepatu di Kalideres

Pewarta:
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar