BUMN Hadir

Kodam: Bela negara membentuk warga berkarakter

Kodam: Bela negara membentuk warga berkarakter

Arsip - Direktur Keuangan dan Investasi PT Asuransi Jasa Indonesia Didit Mehta Pariadi (ketiga kanan) bersama Kepala Divisi Sekretaris Perusahaaan Biofarma Bambang Heriyanto (kedua kanan) dan Direktur Umum dan SDM PTDI, Sukatwikanto (kanan) berbincang dengan perwakilan peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Jabar dan Sulawesi Tenggara saat upacara pelepasan peserta SMN di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/8/2018). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc/18.

Medan,  (ANTARA News) - Pembinaan kesadaran bela negara bertujuan untuk membentuk warga negara yang berkarakter dan memiiki kesadaran moral bela negara.

"Selain itu, dapat mengimplemantasikan nilai bela negara sebagai landasan dan sikap perilaku dalam kehidupan nyata sesuai peran dan tugas profesi warga negara," kata Pabanda Komsos Sterdam I/Bukit Barisan, Mayor Kav Teuku Hamdani di Medan, Jumat.

Hamdani pada ceramah Bela Negara Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Dua Hari Bersama TNI, di Yonkav 6/Serbu Naga Karimata, Medan Sunggal, mengatakan, Bela Negara bukan semata-mata tugas TNI, tetapi juga tanggung jawab segenap warga negara.

Dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 30 ayat 1, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya Bela Negara.

"Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara," ujar Mayor Kav. Hamdani.

Sebanyak 30 orang Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Tahun 2018 dari Papua Barat tiba di Kota Medan Sumatera Utara, Selasa (7/8), pada pukul 22.15 WIB, dan selanjutnya mereka menginap di Wisma Sudirman Jalan Patimura Medan.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh perusahaan yang berada di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT.Hutama Karya.

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Keberagaman kekayaan nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Tahun ini, PT Hutama Karya (Persero) ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjadi koordinator kegiatan SMN di Provinsi Sumatera Utara bersama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Nindya Karya (Persero), PT Kawasan Industri Medan (Persero) dan PT Djakarta Lloyd (Persero).*

Baca juga: SMN Gorontalo dibekali pengetahuan jurnalistik-vlog

Baca juga: Peserta SMN Sumsel bawa misi budaya


 

Pewarta:
Editor: Erafzon Saptiyulda SAS
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar