Yang paling terkenal kan Papeda, cara makannya unik, saya mau coba selama di Papua
Jayapura (ANTARA News) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Provinsi Aceh yang menjalani program pertukaran pelajar dengan siswa asal Papua mengaku ingin mencoba makanan khas daerah yang dikunjungi, khususnya Papeda.

Sukma Ikram, salah satu peserta SMN dari Aceh, di Jayapura, Sabtu, mengaku sangat antusias datang ke Papua dan sudah mencari tahu tentang Papua dan apa saja makanan khasnya.

"Yang paling terkenal kan Papeda, cara makannya unik, saya mau coba selama di Papua," katanya.

Ia menyebut bahwa sejak di atas pesawat dan ketika dalam perjalanan menuju penginapan, dirinya sudah kagum dengan keindahan alam Jayapura.

Menurut dia yang kini duduk di kelas XII SMKN 1 Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, selama mengikuti kegatan SMN, ia ingin mempelajari kebudayaan setempat dan bisa dekat dengan masyarakat sekitar.

Senada dengan Ikram, peserta SMN asal Aceh lainnya, Farhan, memastikan ia harus mencoba seluruh makanan khas Papua yang disajikan selama kegiatan berlangsung.

Menurut dia, sebagai peserta SMN, ia harus mampu mempelajari kebudayaan Papua yang secara geografis letaknya sangat jauh dari Aceh sehingga hal tersebut merukpakan kesempatan yang sangat sulit didapatkannya kembali.

Selain itu, Farhan mengaku ketika pesawat yang ia naiki akan mendarat di Bandara Sentani, ia sangat takjub melihat keindahan Danau Sentani.

Baca juga: Peserta SMN pelajari fungsi senjata api di kavaleri panser Wori
Baca juga: Siswa Papua diedukasi bisnis daring


Ia pun berharap selama satu minggu ke depan, masyarakat Papua bisa memberi sambutan hangat kepada peserta SMN Aceh, dan kedua belah pihak saling bisa berbagi pengetahuan kebudayaan masing-masing.

Sebagai informasi, peserta SMN dari Aceh dijadwalkan akan mengikuti berbagai kegiatan di Papua pada 11 ?hingga 18 Agustus 2018.

Selama di Papua, mereka akan dikordinir oleh PT. Pertamina (Persero) dan Perum Damri.

Pewarta: Dhias Suwandi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018