counter

Evolusi teror hiu di dunia film

Evolusi teror hiu di dunia film

Poster film "The Meg". (Twitter/@MegMovie)

Jakarta (ANTARA News) - Teror hiu, apalagi berukuran besar, terhadap manusia memang masih menarik perhatian Hollywood untuk  mengangkatnya ke layar lebar.

Tak terhitung sudah berapa banyak film bertema teror hiu vs manusia yang diproduksi Hollywood. Namun setidaknya ada empat film bergenre ini yang bisa dijadikan pertimbangan mengenai evolusi teror hiu dalam dunia film.

Berawal dari "Jaws"

Teror hiu dalam dunia film sebetulnya dimulai dengan teror hiu putih besar yang muncul lewat "Jaws". Film produksi tahun 1975 ini, menurut filmsite.org, untuk pertama kalinya menampilkan hiu putih besar dengan panjang sekitar 7,62 meter yang gentayangan di laut lepas serta pantai wisata.

Walaupun ikan hiunya sendiri merupakan hiu robot bohongan, namun dahsyatnya kengerian teror hiu dalam "Jaws" karya Steven Spielberg ini berhasil menyabet tiga piala Oscar pada gelaran Academy Awards ke-48 tahun 1976 sekaligus membuka jalan bagi teror-teror hiu lainnya di dunia film.

"Deep Blue Sea" sajikan teror tertutup

Teror "Jaws" secara terbuka di laut lepas dan pantai wisata kemudian menginspirasi Renny Harlin untuk membawa teror hiu ke level berikutnya, teror hiu secara tertutup.

"Deep Blue Sea" yang rilis pada tahun 1999 dan dinahkodai Harlin merupakan film yang mengisahkan sekelompok ilmuwan terperangkap dalam fasilitas penelitian bawah laut sambil terus diteror hiu mako yang merupakan objek penelitian mereka.

Walaupun terinspirasi dari "Jaws", Harlin sendiri dalam wawancaranya kepada Los Angeles Times pada tahun 1999, menyatakan bahwa dirinya tidak mau mengulangi formula sama yang diusung "Jaws" dan ini salah satunya dibuktikan olehnya dengan  menambah ukuran panjang hiunya menjadi sekitar 7,9 meter. 

Panduan survive dalam "The Shallow"

Sejak "Jaws" dan "Deep Blue Sea", sudah tak terhitung jumlah hiu yang meneror moviegoers (pecinta film) baik di layar lebar maupun VCD, DVD, Blue-Ray dan layanan streaming film.

Namun pada tahun 2016, evolusi hiu memasuki babak baru dimana kali ini Jaume Collet-Serra berupaya mengajarkan manusia untuk melawan balik teror serangan hiu lewat "The Shallows".

Film ini mengisahkan peselancar bernama Nancy Adams (Blake Lively) yang berupaya tetap hidup di sebuah karang sambil bertahan dari teror hiu putih besar.

Ukuran hiu dalam "The Shallows" tidak lagi digambarkan besar dengan panjang sampai tujuh meter, namun berupaya menyajikan hiu putih besar dengan panjang normal yakni 6,1 meter, seperti yang tertera secara ilmiah pada fishbase.org.

"The Meg" hadirkan teror masif hiu purba

Bosan dengan serangan teror hiu putih besar atau mako dengan panjang cuma tujuh meter lebih, akhirnya mendorong Jon Turteltaub untuk menghidupkan kembali hiu purbakala Megalodon.

Hiu prasejarah yang dianggap punah dua juta tahun lalu ini kembali meneror manusia di laut lepas dan pantai wisata. Menurut keterangan themegmovie.net, hiu purba yang akrab disapa Meg ini memiliki panjang sekitar 22 meter.

Walhasil dengan panjang yang begitu besar, Meg pun berhasil menimbulkan teror masif di layar lebar yang mungkin membuat teror "Jaws" dan "Deep Blue Sea" terlihat kecil.

Demikian dikompilasi dan dirangkum ANTARA News dari pelbagai sumber.   

Baca juga: "The Meg": Kombinasi teror hiu "Jaws" plus "Deep Blue Sea"

Baca juga: The Shallows, pertarungan Blake Lively dengan hiu di laut dangkal



 

Oleh Aji Cakti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar