928 perempuan penyelam bentangkan Merah Putih di bawah laut Manado

928 perempuan penyelam bentangkan Merah Putih di bawah laut Manado

REKOR MURI SELAM WANITA TERBANYAK Ratusan perempuan bersiap menyelam di perairan teluk Manado, Manado, Sulawesi utara, Sabtu (11/8). Sebanyak 928 penyelam wanita dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) kategori penyelam wanita terbanyak dan pembentangan bendera Merah Putih terpanjang di bawah laut, dalam rangka menyambut HUT RI ke-73. (ANTARA FOTO/ADWIT B PRAMONO)

Manado (ANTARA News) - Sebanyak 928 perempuan penyelam menyelam bersama dan membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 500 meter di bawah laut di kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu

Kedua kegiatan yang merupakan bagian dari acara peringatan Hari Kemerdekaan itu meraih rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) untuk kategori penyelaman massal yang paling banyak melibatkan perempuan dan pembentangan bendera Merah Putih terpanjang di dalam laut.

Para perempuan penyelam yang minimal memiliki sertifikasi menyelam untuk pemula yang mengikuti kegiatan itu merupakan perwakilan dari provinsi-provinsi di Indonesia. Hanya Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Barat yang tidak mengirim perwakilan untuk kegiatan itu.

Peserta kegiatan itu antara lain meliputi anggota bhayangkari, polisi wanita, Kodam Merdeka/ XII, Kodam XVI/ Pattimura, Lantamal VI/ Makassar, Persit, dan komunitas menyelam.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini dan bangga melihat perempuan-perempuan yang datang dari seluruh Indonesia," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.
Sejumlah perempuan bersiap menyelam di perairan teluk Manado, Manado, Sulawesi utara, Sabtu (11/8). Sebanyak 928 penyelam wanita dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) kategori penyelam wanita terbanyak dan pembentangan bendera Merah Putih terpanjang di bawah laut, dalam rangka menyambut HUT RI ke-73. (ANTARA FOTO/ADWIT B PRAMONO)


Ketua Organisasi Wanita Selam Indonesia (WASI) Tri Suswati, yang adalah istri Kepala Kepolisian RI Tito Karnavian, mengetuai panitia pelaksanaan rangkaian kegiatan penyelaman massal dan pembentangan bendera Merah Putih di bawah laut tersebut.

WASI bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Senam Seluruh Indonesia (POSSI) menyelenggarakan dua kegiatan dengan dukungan sejumlah instansi.

Kegiatan tersebut juga ditujukan untuk menggalakkan olahraga menyelam di kalangan perempuan dan masyarakat umum, serta mempromosikan destinasi wisata bawah laut Indonesia.

Baca juga: Menteri PPPA puji para perempuan penyelam

 

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar