Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan sepekan jelang Asian Games dipastikan Jakarta siap menjadi tuan rumah yang baik, serta mensukseskan ajang olahraga multi-event regional terbesar di Asia ini.

Perhelatan akbar olahraga ini akan mempertandingkan 40 cabang olahraga terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan ?delapan cabang olahraga non olimpiade, serta diikuti 45 negara di Asia pada 18 Agustus-2 September.

Baca juga: Anies: sarana Asian Games 2018 siap

"Minggu depan, hari yang sama, hari Sabtu, kita akan membuka Asian Games. Mudah-mudahan semua yang sudah kita siapkan akan bisa berjalan dengan baik. Optimis kita bisa menjadi tuan rumah yang baik. Dan tidak kalah penting seluruh rakyat menyambut bahwa ini perhelatan Jakarta sebagai tuan rumah untuk Asia," kata Anies di Jakarta, Sabtu.

Anies menyampaikan hal itu saat membuka acara Turnamen Futsal Merah Putih 24 jam dalam rangka menyemarakkan Asian Games 2018.

Untuk infrastruktur dan venue Asian Games yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI, sudah sepenuhnya siap digunakan untuk Asian Games 2018 pekan depan, yakni Velodrome, Equatrian, Stadion BMX, Stadion Baseball, serta sejumlah GOR untuk latihan para atlet, katanya.

Baca juga: Sarana Asian Games sudah siap 100 persen

Oleh karena itu, saat ini Pemprov DKI Jakarta lebih terfokus pada aspek penyelenggaraan dan pelaksanaan secara teknis.

"Sudah saatnya pada aspek penyelenggaraan. Mulai awal Agustus sudah tidak ada lagi kegiatan konstruksi sama sekali, infrastruktur siap, venue yang dikelola oleh Pemprov DKI juga sudah siap," kata Gubernur.

Saat ini tinggal pelaksanaan, tanggung jawab lain mengenai lalu lintas untuk official dan para atlet, Anies katakan sudah siap. Sedangkan yang paling menantang adalah kualitas udara, tapi kebijakan ganjil-genap cukup membantu mengurangi emisi udara di Jakarta.

Baca juga: Jakarta buka pendaftaran uji emisi gratis

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2018