Barcelona (ANTARA News) - Bek Barcelona Gerard Pique menilai format satu pertandingan untuk Piala Super Spanyol ketimbang laga dua leg sebagai pengembangan yang layak disambut -- namun pelatihnya, Ernesto Valverde, tidak begitu yakin.

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah memutuskan format satu pertandingan untuk pertandingan Minggu antara juara Liga Spanyol sekaligus juara bertahan Piala Raja Barca dan runner up Piala Raja Sevilla, yang akan dimainkan di luar negeri untuk pertama kalinya.

Pihaknya mengatakan perubahan ini merupakan hasil minimnya tanggal-tanggal yang tersedialverdea karena keterlibatan Sevilla di kualifikasi Liga Europa -- namun hal itu dikritik keras presiden Sevilla Jose Castro.

Pique menyambut prospek pertandingan-pertandingan yang lebih sedikit -- meski ia mengakui bahwa memainkan pertandingan di Tangier, Maroko, bukan hal yang ideal.

"Apapun menyangkut memperpendek jadwal bagus untuk para pemain," kata Pique pada konferensi pers menjelang pertandingan.

"Ada banyak pemain yang bahkan tidak bermain pada pertandingan persahabatan karena jika (mereka tampil) kami tidak akan mendapatkan liburan."

"Setiap tahun terdapat lebih banyak dan semakin banyak pertandingan, khususnya pada tahun-tahun Piala Dunia, maka memainkan satu pertandingan dan bukannya dua merupakan hal yang lebih baik."

Pique mengakui, "Bermain di Tangier artinya kondisi-kondisinya tidak akan berada dalam situasi terbaik namun kami akan beradaptasi."

Valverde meyakini format tahun ini akan membuat Piala Super menjadi semakin sulit untuk dimenangi timnya.

"Memainkan satu pertandingan membuatnya menjadi lebih terbuka, sebab dengan leg kedua Anda dapat memperbaiki beberapa hal," ucapnya. "Sekarang kami hanya memiliki 90 menit dan itu menyamakan lapangan permainan."

Ia menambahi, "Sevilla memiliki keuntungan sebab mereka telah berkompetisi selama dua atau tiga pekan, maka mereka akan unggul dalam kecepatan, sedangkan kami baru kembali dari tur pramusim dan beberapa pemain terlambat tiba, serta terdapat juga beberapa wajah baru. Maka kami harus sedikit menyesuaikan diri."

"Namun kami tetap senang mengenai kesempatan untuk memenangi trofi pertama kami musim ini."

"Kami memiliki peluang"

Barca menang agregat 5-0 atas Sevilla pada Piala Super Spanyol 2016, namun takluk 1-5 dari Real Madrid pada kompetisi tahun lalu.

Sevilla juga kalah 0-5 dari Barca pada final Piala Raja musim lalu dan menyelesaikan musim Liga Spanyol dengan tertinggal 35 poin dari tim Katalan tersebut.

Pelatih baru Pablo Machin tidak berilusi bahwa timnya menjadi tim favorit pada pertandingan Minggu.

"Sudah jelas bahwa Barca merupakan tim super dan spesialis dalam memenangi final-final, dan mereka memiliki banyak pemain terbaik di dunia," kata Machin, yang ditunjuk untuk melatih Sevilla pada Juni setelah tampil impresif saat mengarsiteki Girona.

"Sepak bola adalah satu dari sedikit permainan di mana tim yang inferior dapat mengalahkan tim yang superior -- dan kami memiliki peluang."

Baca juga: Pique ogah kembali ke timnas Spanyol

Pewarta: -
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018