Garut (ANTARA News) - Sejumlah pentas seni tradisional yang ditampilkan di beberapa titik kawasan perkotaan Garut meriahkan kegiatan rangkaian Kirab Obor Asian Games 2018 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan mengatakan, ada 12 kesenian daerah yang ditampilkan dalam rangkaian Kirab Obor Asian Games di Garut.

"Ada sekitar 12 titik yang akan disuguhi kesenian tradisional seperti silat, perkusi calung dan lainnya," kata Budi.

Ia menuturkan, pemerintah daerah bersama instansi lain berupaya untuk mensukseskan dan memberikan pelayanan yang berkesan dalam kegiatan Kirab Obor tersebut.

Salah satunya, kata dia, memeriahkan kedatangan rombongan Kirab Obor dengan menampilkan kesenian daerah di setiap persimpangan jalan yang dilalui rombongan pembawa api.

"Nanti setiap obor melewati titik persimpangan yang telah kita siapkan," katanya.

Pentas seni dan budaya itu digelar saat penyambutan Kirab Obor Asian Games 2018 yakni di Tugu Pertempuran Kubang sebagai jalan utama Bandung-Garut, SPBU Tanjung, Persimpangan Jalan Cipanas, kawasan Pujasega, Pos Polisi Alun-alun Tarogong, dan Kantor PLN Garut.

Selanjutnya memasuki kawasan perkotaan yakni pentas seni di Simpang Lima, Pertigaan Jalan Cimanuk sekitar Kampus STTG, Bunderan Leuwidaun, kemudian dua titik di Jalan Cimanuk, dan terakhir di Alun-alun Garut.

Pentas seni yang ditampilkan yakni pencak silat, surak ibra, marawis, perkusi, keroncong, arumba, reog, domba catwalk dan bobodoran, kemudian permainan musik, dan marching band.

Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna menyatakan, jajarannya bersama TNI dan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Garut sudah siap mensukseskan dan mengamankan pesta Kirab Obor Asian Games 2018.

Ia berharap seluruh lapisan masyarakat ikut menjaga dan mensukseskan Asian Games 2018 sebagai upaya menjaga nama baik Indonesia sebagai negara yang dipilih menyelenggarakan pesta olahraga berbagai negara di Asia.

"Ini untuk menjaga nama baik Indonesia, bukan hanya Garut, makanya mohon kerjasamanya," kata Budi.

Baca juga: Jalur utama Garut ditutup selama Kirab Obor Asian Games 2018

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018