Kondisi cagar alam terjaga dengan baik, tidak ada penebangan liar
Manado (ANTARA News) - Para peserta kegiatan Siswa Mengenal Nusantara 2018 dari Nusa Tenggara Timur mengunjungi cagar alam Tangkoko Bitung, Sulawesi Utara untuk menanamkan pemahaman kepada mereka tentang pentingnya usaha menjaga kelestarian lingkungan.

Pendamping peserta SMN Nusa Tenggara Timur Julius Penawahan di Bitung, Minggu, mengatakan banyak hal diperoleh peserta kegiatan itu dengan mengunjungi cagar alam Tangkoko.

"Salah satunya bagaimana pentingnya untuk menjaga lingkungan atau hutan," katanya.

Dalam kunjungan ke Tangkoko, mereka melihat tentang upaya menjaga kelestarian lingkungan cagar alam itu dan melihat langsung monyet jambul hitam Sulawesi atau Yaki berjalan bebas di hutan tanpa merasa takut akan kehadiran manusia.

"Dengan kunjungan ini berharap para peserta atau siswa mendapatkan pentingnya menjaga hutan demi masa depan anak cucu," katanya.

Densy Neparase, pendamping lainnya, mengatakan banyak hal positif bisa dibawa peserta ketika kembali ke NTT.

"Kondisi cagar alam terjaga dengan baik, tidak ada penebangan liar, " katanya.

Ricky, salah seorang peserta SMN, mengaku kagum dengan keindahan cagar alam tersebut. "Cagar alam ini bagus," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, para peserta SMN menyusuri cagar alam Tangkoko Batuh Putih Bitung dengan berjalan kaki.

Saat melihat Yaki, para peserta pun mengambil kesempatan untuk memotret bintang tersebut.

Baca juga: Populasi maleo di Tangkoko tinggal 200 ekor

Peserta SMN dari NTT  mengikuti Progam BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilaksanakan PT PLN (Persero) Wilayah Sultenggo dan PT PNM. Mereka telah berada di Manado sejak Senin (6/8).

Selama di Manado, para peserta pertukaran pelajar tersebut, antara lain meninjau pelaksanaan Tomohon Internasional Flower Festival dan meninjau PLTA Tonsea Lama.

Mereka juga mendapatkan pembekalan bela negara dari Kodam XIII/Merdeka dan meninjau Kompi Kaveleri Panser 10 Wori, mendapatkan pembekalan dari PLN dan PNM, meninjau Rumah Kreatif BUMN, mendapatkan pembekalan mengenai UMKM, serta meninjau cagar alam Tangkoko Batu Putih di Kota Bitung.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018