Jakarta (ANTARA News) - YouTube beberapa waktu lalu meluncurkan laporan “Signature Device” berisi gawai-gawai yang mampu menghadirkan pengalaman maksimal untuk menonton konten di platform tersebut.

“Ponsel-ponsel ini menghadirkan pengalaman YouTube paling baik di kelasnya karena menggabungkan teknologi tercanggih, performa video dan dapat diandalkan,” kata YouTube dalam situs YouTube Device Report.

Gawai yang masuk kategori “Signature Device YouTube” ini memiliki teknologi vide HDR, video 360 derajat dan waktu loading video yang cepat saat menggunakan sedikit bandwidth.

Standard YouTube untuk memilih gawai terbaik versi mereka ini antara lain, frame rate dan dynamic range tinggi, performa DRM, decoding 4K dan menggunakan codec video terbaru.

“Kami bekerjasama dengan manufaktur untuk memverifikasi apakah perangkat ini memenuhi atau melampaui perkiraan performa kami,” kata YouTube.

Baca juga: YouTube uji coba fitur Stories mirip Snapchat dan Instagram

Jika diperhatikan, iPhone tidak masuk ke daftar YouTube ini, bahkan untuk seri paling canggih mereka iPhone X. Laman Phone Arena menuliskan model iPhone terbaru tidak mendukung codec video VP9 buatan Google sehingga tidak dapat menonton video YouTube versi 4K.

Berikut ini daftar ponsel “Signature Device” dari YouTube.
1. Samsung Galaxy Note 9
2. Sony Xperia XZ2 Premium
3. HTC U12+
4. OnePlus 6
5. LG G7 ThinQ
6. Xiaomi Mi 8
7. Sony Xperia XZ2 Compact
8. Sony Xperia XZ2
9. Nokia 8 Sirocco
10. Xiaomi Mi Mix 2S
11. Samsung Galaxy S9
12. Samsung Galaxy S9+
13. Google Pixel 2
14. Google Pixel 2 XL
15. Huawei Mate 10 Pro
16. Samsung Galaxy Note 8
17. LG V30
18. Samsung Galaxy S8
19. Samsung Galaxy S8+

Baca juga: Youtube menuju jejaring sosial paling banyak dikunjungi di AS

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018