Kami akan melakukan penjagaan, patroli dan memonitor 284 lokasi rawan strategis PMKS. Nantinya kami akan memberikan pembinaan kepada mereka untuk dirujuk ke panti sesuai masalah sosialnya
Jakarta, 13/8 (ANTARA News) - Petugas Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi DKI Jakarta mengamankan 284 titik rawan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) selama Asian Games 2018.

"Kami akan melakukan penjagaan, patroli dan memonitor 284 lokasi rawan strategis PMKS. Nantinya kami akan memberikan pembinaan kepada mereka untuk dirujuk ke panti sesuai masalah sosialnya," ujar Kepala Dinsos DKI Jakarta Irmansyah saat memimpin Apel Pengendalian Sosial Petugas Pelayanan,Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) dalam rangka Asian Games 2018 di Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta, Senin.

Irmansyah melanjutkan bahwa pihaknya akan mengerahkan 425 satuan petugas untuk mengamankan lokasi rawan PMKS.

Baca juga: Alasan PMKS kerap kembali ke Jakarta

Satuan petugas akan bergerak ke rute-rute yang dilalui atlet dan ofisial untuk menekan aktivitas PMKS agar tidak melakukan aksinya di kawasan tersebut.

Kawasan yang termasuk dalam pemantauan Dinsos DKI Jakarta yaitu Gelora Bung Karno, Jakarta Convention Center, JIExpo Kemayoran, Pantai Ancol, Stadion Baseball Rawamangun, Jakarta International Velodrome, Jakarta International Equestrian Park Pulo Mas, GOR POPKI Cibubur, TMII, Pondok Indah Golf, dan Stadion Pertamina Simprug.

Irmansyah menekankan, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan seperti biasa, hanya saja dalam rangka Asian Games ada penekanan khusus seperti kesiapsiagaan dan stamina petugas yang harus dijaga.

Ia berharap dengan adanya peningkatan pengawasan oleh Dinsos DKI Jakarta, Jakarta akan nyaman dan kondusif selama pelaksanaan Asian Games.

"Pengawasan titik itu tujuannya agar Jakarta nyaman dan kondusif selama pelaksanaan Asian Games. Selain di titik itu, kami tetap melakukan pengawasan di tempat-tempat rawan lainnya," katanya.

Irmansyah juga berharap agar pengendalian sosial yang terus- menerus dapat menekan populasi PMKS di Jakarta dan memberikan perlindungan sosial dan penyelamatan kepada mereka untuk tidak terjerumus ke masalah yang lebih kompleks.

Baca juga: Jumlah PMKS di Jakarta turun persen
Baca juga: Satpol PP jaring 6.000 PMKS di Jakarta
 

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018