Palangka Raya (ANTARA News) - Anggota Detasemen Khusus 88 Polri dan Polres Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menggerebek sebuah rumah terduga teroris yang berada di Jalan Rajawali Km 6,5 Gang Rukun, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin.

Dalam penggerebekan tersebut, Densus 88 membawa sejumlah barang bukti, seperti bahan kimia berupa serbuk, paralon dan dua bilah pisau. Sementara itu seorang pria berinisial LD yang diduga termasuk jaringan terorisme juga ditangkap dan dibawa Tim Densus 88 ke Markas Polda Kalteng.

"Benar rekan kami dari Densus 88 Mabes Polri mengamankan satu orang. Terkait kasus apa, saya belum mengetahuinya. Masih menunggu
kejelasannya," kata Kapolres Palangka Raya, AKBP Timbul Rein Krisman Siregar saat berada di lokasi penggerebekan.

Setelah LU ditangkap dan diamankan, Densus 88 melakukan penjemputan terhadap istri LU yang bekerja sebagai guru di salah satu sekolah di Palangka Raya.

Belum diketahui status istri LU dijemput aparat Densus tersebut. Namun saat masuk ke Mapolda Kalteng, isteri LD masih menggunakan pakaian aparatur sipil negara (ASN) dan berhijab.

Menurut penuturan sejumlah warga sekitar, dalam kesehariannya, kehidupan suami-istri anak dua tersebut juga tidak terlalu mencurigakan. Mereka juga rajin menyapa warga sekitar.

"Tegur sapa dan senyum dengan tetangga wajar saja. Saat tanaman sayur-sayuran dipanen, keluarga LD sering membagikan kepada tetangga. Mereka juga sering shalat berjamaan di mushola dekat rumahnya itu," kata Riska, tetangga LD.

Dia membenarkan bahwa dirinya pun dijadikan saksi oleh kepolisian dalam penggerebekan tersebut.

"Kalau sepenglihatan saya, barang-barang yang diamankan polisi itu ada beberapa bahan kimia dan sejumlah serbuk kimia, yang entah apa fungsinya," kata Riska.

Pantauan di lapangan, penggerebekan tersebut menjadi tontonan masyarakat yang kebetulan melintas di ruas Jalan Rajawali itu. Bahkan sejumlah masyarakat mengabadikan aksi yang dilakukan petugas setempat dengan cara memvideo dan memfoto di telepon seluler pribadinya.

Baca juga: Densus amankan jaringan teroris di Luwu Timur
Baca juga: Densus tangkap terduga teroris di Lampung Timur

 

Pewarta: Jaya Wirawana Manurung/Adi Wibowo
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018