Jakarta (ANTARA News) - Kegiatan Bazaar Indonesia 2018 yang digelar oleh Konsulat Jenderal RI di Sydney, Australia turut mempromosikan hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia yang kini dalam proses menuju tahap kemitraan komprehensif.

"Indonesia dan Australia saat ini berada dalam proses menuju peningkatan hubungan dari Mitra Strategis menjadi Mitra Komprehensif," kata Konsul Jenderal RI Sydney, Heru Subolo, dalam pernyataan melalui layanan pesan singkat yang diterima di Jakarta, Senin.

Konsul Subolo menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar KJRI Sydney dan seluruh komunitas Indonesia di Sydney dan sekitarnya atas terselenggaranya Bazaar Indonesia 2018 dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-73.

"Kita sebagai komunitas Indonesia yang berada di Sydney, Australia harus dapat berkontribusi dalam kemitraan komprehensif tersebut sesuai profesi masing-masing dengan menjadi anggota teladan serta melalui kontribusi pada pembangunan multibudaya di Australia," kata Konsul.

Selain mempromosikan hubungan bilateral Indonesia - Australia, Bazaar Indonesia 2018 juga mengenalkan kuliner, serta seni dan budaya Indonesia, serta permainan tradisional.

Sejumlah perlombaan dan pertandingan persahabatan khas perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, seperti lomba makan kerupuk, lari kelereng, catur dan domino juga digelar bagi para pengunjung Bazaar Indonesia 2018, serta bakti sosial berupa pelayanan kesehatan secara gratis.

Bazaar Indonesia 2018 terselenggara atas kerja sama KJRI Sydney dan Dewan Masyaraat Indonesia (Indonesian Community Council/ ICC) NSW (New South Wales), dan didukung oleh Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC) Sydney, Pusat Promosi Investasi Indonesia (IIPC) Sydney, Persatuan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) NSW, Perhimpunan Perawat Kristen di Australia (ICNAA) dan Perhimpunan Perawat Muslim di Australia (IMNAA).

Selain Bazaar Indonesia 2018, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-73, KJRI Sydney bekerja sama dengan Jaringan Diaspora Indonesia NSW atau Indonesian Diaspora Network (IDN) NSW serta masyarakat Indonesia serta beberapa pihak lainnya juga menggelar jalan bersama.

Pewarta: Libertina W. Ambari
Editor: Bambang Purwanto
Copyright © ANTARA 2018