Jakarta (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan layanan bus Transjakarta gratis rute belanja dan wisata di ibukota bagi para atlet serta ofisial Asian Games 2018.

"Selama Asian Games, kami menyediakan layanan bus Transjakarta gratis bagi atlet maupun ofisial yang ingin berwisata melihat Kota Jakarta dan berbelanja," kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di Jakarta, Senin.

Menurut dia, layanan wisata dan belanja yang disediakan oleh pihaknya itu terbagi dalam tiga kategori, antara lain wisata belanja, wisata belanja serta wisata hiburan atraksi seni dan budaya.

Wisata belanja, sambung dia, terbagi lagi menjadi dua rute. Pertama, yaitu Wisma Atlet-Monas-Grand Indonesia-Plaza Indonesia atau Senayan City-Grand Indonesia-Monas-Wisma Atlet. Jumlah bus yang disediakan, yakni lima unit dengan waktu operasional mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

"Rute wisata belanja kedua, yaitu Wisma Atlet-SMESCO-Grand Indonesia-Monas-Wisma Atlet. Ada tiga unit bus yang kami sediakan dengan waktu operasionalnya yang juga sama, yakni mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB," ujar Budi.

Kemudian, dia menuturkan untuk wisata sejarah, rutenya yaitu Wisma Atlet-Kota Tua (Museum Sejarah, Museum Wayang dan Museum Keramik)-Wisma Atlet. Terdapat lima unit bus yang disediakan dengan jam operasional mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Selanjutnya, dia mengatakan untuk wisata hiburan atraksi seni dan budaya dibagi menjadi tiga rute. Pertama, yaitu Wisma Atlet-Monas-Wisma Atlet. Terdapat lima unit bus yang disediakan dengan waktu operasional mulai pukul 16.00 hingga 22.00 WIB.

"Rute kedua, yaitu Wisma Atlet-Gedung Pertunjukan Wayang Orang-Wisma Atlet. Untuk pertunjukan wayang itu, kami hanya menyediakan satu unit bus pada Sabtu, 25 Agustus 2018 karena memang hanya ada satu pertunjukan," tutur Budi.

Rute ketiga, dia mengungkapkan, yakni Wisma Atlet-Pusat Budaya Betawi-Wisma Atlet. Namun untuk rute tersebut, pihaknya masih menyusun perencanaannya lebih lanjut.

"Kami berharap layanan wisata gratis tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para atlet maupun ofisial Asian Games untuk lebih mengenal Indonesia," ungkap Budi. (T.R027/T004)

Baca juga: Ada wisata budaya Betawi untuk delegasi Asian Games

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018