Bogor  (ANTARA News) - Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat menyiapkan 644 personel untuk pengamanan kirab obor (torch relay) Asian Games ke-18 yang akan berlangsung Selasa (14/8).

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, di Bogor, Senin, menyebutkan pengamanan melibatkan anggota Polresta Bogor Kota sebanyak 274 personel, unsur TNI 100 personel, dari unsur Pemerintah Kota yakni Dishub dan Satpol PP sebanyak 170 persen, ditambah bantuan dari Brimob Polda, sebanyak satu SSK.

"Pengamanan melibatkan personel gabungan dengan sasaran, keamanan jalur, rute-rute yang akan dilalui, dan pengamanan Kamtibmas lokasi kegiatan, peserta kirab, tamu dan juga masyarakat," kata Ulung.

Ulung menyebutkan, jajaran Polresta Bogor beserta jajarannya didukung oleh TNI dan instansi terkait melaksanakan pengamanan kirab obor Asian Games agar dapat berjalan sukses sesuai rencana, aman, lancar, dan kondusif.

Sasaran pengamanan di antaranya, peserta utama kirab obor, official, tamu undangan, masyarakat, serta jalur lintasan.

Pelaksanaan kirab obor Asian Games dimulai pukul 09.00 dijadwalkan sampai dengan pukul 10.00 WIB. Jalur lintas Api Asian Games tiba dari Cianjur melewati simpang Ciawi menuju Kota Bogor melawati jalan tol Jagorawi.

Di Kota Bogor titik nol kirab obor Asian Games dimulai dari Rumah Dinas Wali Kota, Jl Pajajaran menuju Museum Peta Jl Sudirman. Untuk etape ini pembawa obor berasal dari INASGOC di antaranya, Menkominfo Rudiantara, mantan Panglima TNI Jenderal Purn Moeldoko, Icuk Sugiarto, Yossy Project Pop, Chico Jerico, Anindya Kusuma Putri, Ellyas Pical, Jeffry Ricardo.

 Sementara itu, untuk pelari dari Forum komunikasi pemerintah daerah, telah ditunjuk Dandim 0606/Kota Bogor Letkol ARM Doddy Suhadiman, membawa obor dari Museum PETA, menuju Simpang Danpom, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto akan berlari membawa obor dari Tugu Kujang menuju pintu utama Istana Bogor.

Kapolresta Bogor Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya juga mendapat tugas membawa obor dari pintu utama istana berlari menuju Istana Bogor. Selanjutnya, obor akan dibawa keluar istana menuju Balai Kota.

 Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Eko Prabowo menambahkan, obor Asian Games berada di Balai Kota Bogor pukul 12.30 WIB, disulutkan ke `mini kaldron`, yang sudah dipasang di Plaza Balai Kota, dan akan diisi dengan acara kesenian dan kebudayaan.

Api Asian Games bermalam di Balai Kota, dan keesokan harinya Rabu tanggal 15 Agustus 2018 akan diberangkatkan lagi menuju Kabupaten Kepulauan Seribu, melalui gerbang tol Bogor.

"Tanggal 15 kirab obor dilepas oleh forum komunikasi pemerintah daerah Kota Bogor," kata Eko.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018