Jakarta (ANTARA News) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Manajemen PT. Berau Coal dalam penyediaan Stasiun pengisian listrik bertenaga surya (solar charging station) sebagai sarana penunjang pada penyelenggaraan Asian Games 2018.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Manajemen PT. Berau Coal yang diwakili PT. Surya Utama Nuansa dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah dan Direktur PT. Berau Coal Paulus Suwasono Satyo Nugroho disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Monas Sisi Barat, Jakarta Pusat, Selasa.

"Saya menyambut baik dan tentunya mengapresiasi partisipasi manajemen PT. Berau Coal dan PT. Surya Utama Nuansa dalam menyediakan stasiun pengisian listrik bertenaga surya untuk mendukung prasarana dan sarana penunjang, sehingga Asian Games lancar dan sukses," kata Anies.

Lebih lanjut, dia menyampaikan penyediaan stasiun pengisian listrik bertenaga surya ini memiliki arti penting dalam pengembangan energi terbarukan, yang disiapkan dalam pemenuhan kebutuhan Asian Games, karena dapat menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan ramah lingkungan.

Dalam kerja sama ini, penyediaan hibah sebanyak 32 stasiun pengisian listrik bertenaga surya dari PT. Berau Coal secara teknis dilaksanakan oleh PT. Surya Utama Nuansa dalam rangka pemenuhan kebutuhan sarana di arena (venue) dan tempat pemusatan latihan peserta Asian Games di Jakarta.

Penyediaan stasiun ini juga sejalan dengan program penurunan emisi gas rumah kaca di wilayah Kota Jakarta, sesuai Pergub Nomor 131 Tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan mendukung pencapaian bauran energi yang berupa tenaga surya.

Penyediaan stasiun pengisian listrik bertenaga surya berupa instalasi fasilitas umum/non profit sebagai bentuk tanggung jawab sosial (CSR) dari PT. Berau Coal, sekaligus wujud upaya bersama menjaga kepedulian dan kelestarian lingkungan hidup.

Baca juga: PLTS Jakabaring untuk Asian Games
 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018