Jakarta (ANTARA News) - Banyak ekspektasi masyarakat yang kadang jadi beban, termasuk pertanyaan kapan berkeluarga, apalagi ketika usia sudah menginjak kepala tiga.

Raline Shah juga mengalami hal yang sama. Aktris berusia 33 tahun itu mengaku bingung harus menjawab apa ketika ditanya soal pasangan hidup, termasuk rencana menikah.

"Persepsi masyarakat, menikah lebih cepat itu lebih baik, punya pendamping hidup itu ideal, saya menghormati hal itu," kata Raline di konferensi pers Pantene #SiapaBilangGakBisa, Jakarta, Selasa.

Raline mengaku sudah punya kekasih yang bukan berasal dari kalangan pesohor, namun statusnya tetaplah "single" karena mereka belum meresmikan hubungan di pelaminan.

"Saya enggak tahu bagaimana menjawabnya, karena biarpun saya punya pasangan, tapi kan belum menikah, dan saya menghormati dia yang pekerjaannya berbeda dengan saya," kata Raline.

Baca juga: Raline Shah akui tipe setia

Ia tidak mau gembar-gembor mengenai hubungan asmaranya demi menghormati privasi pasangannya, kecuali bila hubungan mereka akan dibawa ke jenjang yang lebih serius.

"Kalau saya sudah ingin menikah dengan seseorang, pasti akan saya beritahu (pada publik)," janjinya.

Menurut Raline, orangtuanya dulu ingin putrinya bisa cepat menikah. Ia banyak dikenalkan dengan pria-pria setelah selesai menempuh pendidikan.

"Tapi kebetulan memang belum jodoh," ujar Raline, menambahkan kesempatan emas yang didapatnya saat ini masih berkutat seputar karir, bukan pasangan hidup.

Bila sudah menikah kelak, aktris "5 cm" itu mengaku ingin tetap terus bekerja di bidang yang sekarang digelutinya.

Selagi masih lajang, ia ingin memaksimalkan seluruh potensinya sebagai perempuan, agar bisa membesarkan buah hati secara positif dari segala ilmu yang didapatkannya selama ini.

Baca juga: Raline Shah penggemar kain tradisional

"Makanya saya suka belajar dan traveling," ujar finalis Puteri Indonesia 2008 itu.

Satu lagi, proses pacaran juga disebut Raline sebagai proses belajar. Hubungan-hubungan yang kandas dengan mantan kekasih bukan sesuatu yang menimbulkan luka, tapi kesempatan untuk belajar.

"Ada saja yang saya pelajari (dari hubungan)... saya amat bersyukur sama mantan-mantan semua yang semua indah-indah, mengajarkan saya hal-hal baik," kata Raline yang menjalin hubungan baik dengan semua mantan kekasihnya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018