Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai kinerja Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur selama di Kabinet Kerja tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, Yuddy Chrisnandi.

"Bagus, dia saya lihat (kinerjanya) rapi. Ya tidak jauh dengan Yuddy," kata Wapres Kalla kepada wartawan di Kantor Wapres Jakarta, Selasa.

Jusuf Kalla menjelaskan perombakan menteri Kabinet Kerja, yang rencananya akan mencopot Asman dari kursi menteri, disebabkan oleh perubahan peta koalisi.

Partai Amanat Nasional (PAN) menarik dukungannya dari Presiden Joko Widodo kepada bakal calon presiden Prabowo Subianto. Hal itu menyebabkan posisi Asman Abnur, sebagai politikus PAN, di Kabinet Kerja terancam lengser.

Namun, sebelum diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo, mantan anggota DPR RI tersebut telah mengundurkan diri dari posisi MenPANRB. Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengonfirmasi pengunduran diri Asman dari Kabinet Kerja tersebut.

"Saya telah melakukan komunikasi dengan Asman, beliau menyatakan mohon izin untuk mengundurkan diri dari kabinet pemerintahan Jokowi. Alasannya, pertama, tidak mau membebani pemrrintah ini karena secara politik PAN itu berbeda pilihan dengan koalisinya Jokowi," kata Viva Yoga di kompleks parlemen Senayan, Jakarta.

Baca juga: Asman Abnur undur diri dari Kabinet Kerja

Baca juga: Relawan Jokowi desak PAN tarik Asman Abnur


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018