Jakarta (ANTARA News) - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) siap menerima delegasi Asian Games dari berbagai negara yang akan datang untuk pertandingan maupun untuk berwisata menikmati berbagai objek serta acara yang digelar oleh pengelola objek wisata di Jakarta Timur tersebut.

Menurut siaran pers TMII di Jakarta, Selasa, TMII sudah menyiapkan berbagai program untuk mendukung kesuksesan pesta olahraga terbesar Asia tersebut. Apalagi salah cabang olahraga Asian Games 2018, yakni kabaddi, akan berlangsung di Teater Garuda, salah satu arena di kompleks wisata yang sering disebut sebagai pusat budaya bangsa Indonesia tersebut.

Pertandingan kabaddi Asian Games 2018 akan berlangsung pada 19-26 Agustus. Nantinya para atlet, ofisial cabang kabaddi serta media-media peliput akan mendapat fasilitas gratis untuk berkunjung ke berbagai anjungan di TMII.

Selain itu di sekitar kompleks TMII juga terdapat Padepokan Silat Indonesia yang menjadi arena cabang olahraga pencak silat Asian Games.

Menjelang Asian Games, TMII juga menjadi salah satu tempat yang disinggahi Kirap Api Asian Games pada Rabu (15/8).

Rencananya Direktur Utama TMII Tanribali Lamo akan membawa Obor Asian Games dari pintu utama menuju Pendopo Sasono. Kegiatan kirab ini juga akan dihadiri oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Situ Nurbaya, serta dimeriahkan oleh atraksi kesenian.

Terkait dengan bakal banyaknya tamu-tamu asing yang datang, khususnya selama perhelatan Asian Games, TMII juga meluncurkan fasilitas baru bagi pengunjung, yakni "smart guide" atau "pemandu cerdas".

Dengan fasilitas peralaan smart guide hasil kerja sama dengan PT Citra Mustika Indah tersebut, pengunjung akan dapat lebih leluasa mendapat informasi penting terkait objek yang dikunjunginya di kawasan TMII dalam berbagai bahasa. 

Baca juga: TMII perluas pintu gerbang jelang Asian Games

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018