Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah wartawan kesulitan menemui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur untuk mengklarifikasi kabar terkait keputusannya akan mundur dari jabatan menteri. 

Awak media sedianya menunggu Asman di teras utama Gedung Kementerian PANRB, tempat Asman bekerja, sejak siang. Di teras itu mobil jenis Toyota Alphard yang biasa Asman tumpangi berplat nomor RI 44 terparkir. 

Selepas Magrib, supir Asman kemudian mengganti plat mobil itu menjadi B 1407 RFS, lalu membawa mobil itu pergi keluar meninggalkan Gedung Kemenpan tanpa Asman dan tanpa pengawalan vooridjer. 

Karena merasa tidak melihat Asman berada di dalam mobil itu, awak media masih menunggu Asman di teras Kementerian PANRB, berharap Asman masih berada di dalam kantornya. 

Kemudian ada info beredar bahwa Asman telah meninggalkan kantor melalui pintu samping. Politisi PAN itu dijemput kendaraan di pintu samping tersebut. 

Sebelumnya Mensesneg Pratikno mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan mengganti Asman melalui perombakan kabinet. 

Menurut Pratikno, penggantian Asman sebagai konsekuensi dinamika politik. Seperti diketahui, PAN tidak masuk dalam koalisi pendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Seiring dengan kabar itu, politisi PAN Viva Yoga mengungkapkan bahwa Asman akan mundur dari jabatannya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018