Jakarta (ANTARA News) - Jepang yang diperkuat para pemain muda berhasil membekap Hong Kong 121-44 dalam laga penyisihan Grup Y bola basket putri Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu.

Jepang memboyong roster muda ke Indonesia, dengan rataan usia 22,2 tahun, namun tak kurang dari enam penggawa mereka mencapai raihan poin dua digit, dipimpin Kadysha Juna Umezawa yang membukukan double-double 14 poin dan 13 rebound.

Moe Nagata meimpin dalam urusan mencetak angka, memborong 23 poin, diikuti 18 poin Tamami Nakada, 14 poin Aya Watanabe, 12 poin Saki Hayashi serta 10 poin dari kapten tim Mio Shinozaki.

Sementara itu bagi Hong Kong hanya dua pemain yang melampaui raihan dua digit poin, yakni Tsz Kwan Li dan Ting Cheuk.

Kubu Hong Kong menempatkan kapten Cheuk, Yan Ling Wong, Po Sze Wong, Pik Yi Lam dan Ka Yee Wong sebagai pilihan Pelatih Kin Ho Koon sekawan pemula di awal laga.

Pelatih Jepang, Natsumi Yabuuchi, yang juga sempat membela negaranya di Olimpiade 2004 di Athena, menurunkan sekawan pemula berkomposisikan kapten Shinozaki, Hayashi, Saori Miyazaki, Nakada dan Umezawa.

Kendati lebih dulu membuka kran poin lewat sebuah fast break, Hong Kong malah tertinggal 2-10 dari Jepang ketika Saki Hayashi menceploskan sebuah lay up di sisa waktu 6 menit 38 detik kuarter pertama.

Hong Kong berusaha mengejar ketertinggalan saat tembakan tiga angka Ting Cheuk melesak ke dalam keranjang di sisa waktu 3 menit 30 detik kuarter pertama mengubah kedudukan menjadi 12-15. Namun Jepang kembali melesat menjauh lewat rentetan poin 14-1 dan menutup kuarter pertama dalam keunggulan 29-13 atas Hong Kong.

Tertinggal jauh tak lantas membuat asa para pemain Hong Kong meredup, namun mereka tak kuasa membendung derasnya poin demi poin yang dicetak oleh para penggawa Jepang.

Tak kurang dari 33 poin tambahan direngkuh Jepang di kuarter kedua, demi menegaskan keunggulan mereka menjadi 62-28 atas Hong Kong di pengujung paruh pertama pertandingan.

Baca juga: Penyisihan basket putri, China bukukan kemenangan telak atas Thailand

Baca juga: Kontra Kazakhstan, Chinese Taipei menang meyakinkan 72-42


Kendati sudah unggul 34 poin atas Hong Kong, Jepang tak sedikit pun mengendurkan tempo permainan mereka di kuarter ketiga.

Beberapa kali serangan fast break yang mereka lakukan berhasil memperlebar jarak keunggulan, lewat 34 poin tambahan yang diperoleh demi menutup kuarter ketiga dalam kedudukan unggul 96-34 atas Hong Kong.

Jepang hanya membutuhkan 25 poin tambahan di kuarter pamungkas, untuk menutup laga dengan kemenangan telak 121-44.

Kedua tim sama-sama akan melanjutkan laga penyisihan Grup Y pada Jumat (17/8), Jepang menghadapi China dan Hong Kong meladeni Mongolia.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018