Jakarta  (ANTARA News)  - Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali mengapresiasi partisipasi sekitar 10 ribu warganya dalam acara Pawai Obor (Torch Relay) Asian Games 2018 yang berlangsung sejak pukul 13.00 WIB, Rabu, dari titik perlintasan pertama di Jalan Rawa Bambu, Pasar Minggu.

 “Target saya mulanya hanya sekitar tiga ribu, tetapi lihat situasinya sedari awal (di Jalan Rawa Bambu) hingga di sini (Taman Margasatwa Ragunan), ada lebih dari 10 ribu warga yang berpartisipasi menyukseskan pawai obor,” kata Marullah di Jakarta Selatan, Rabu.

Selepas menyalakan obor dan menyerahkannya ke mantan atlet bulutangkis Christian Hadinata, Marullah menyampaikan rasa terima kasihnya ke jajaran kecamatan, kelurahan, dan rukun  warga hingga rukun tetangga yang telah bergotong-royong menyemarakkan acara Pawai Obor Asian Games di Jakarta Selatan, Rabu.

 “Saya apresiasi sekali kerja mereka yang mau berswadaya memeriahkan acara Pawai Obor. Jika dilihat di sepanjang rute perlintasan, ini meriah sekali,” kata walikota Jakarta Selatan itu, Rabu.

 Ia berharap, acara Pawai Obor dan pesta olahraga Asian Games 2018 dapat menjadi momentum bagi warga Jakarta Selatan untuk menunjukkan jati dirinya sebagai “tuan rumah yang ramah dan baik”.

 “Asian Games ini akan diliput oleh media nasional dan asing, mari tunjukkan wajah tuan rumah yang ramah dan ingat untuk selalu menjaga kebersihan,” kata Marullah dalam sambutannya di panggung utama Taman Margasatwa Ragunan.

Sebelum memberi sambutan, Marullah bersama atlet, pengusaha, jajaran direksi BUMN, dan sejumlah aktor dan bintang layar kaca turut bertugas sebagai pembawa obor (torch bearer) dalam acara pawai di Jakarta Selatan. 

Marullah saat itu bertugas membawa obor dari pintu luar TMR menuju panggung utama. Ia menerima obor dari bintang layar kaca Sandra Olga,  yang berlari dari BR Corporate University di Pasar Minggu. 

Di saat berlari di lintasan sepanjang 100 meter itu, Marullah turut didampingi oleh Wakil Walikota Jakarta Selatan Arifin. 

Di samping Marullah, pembawa obor yang terlibat di sesi pertama, diantaranya Kusdiana Adi (atlet layar), Agus Karianto (direksi dari Adhi Karya), Cindiawati Josito (dokter spesialis gizi), Anjasmara, Lukman Sardi, Rosena Gelante (atlet panahan), Sis Apik (direksi dari Bank BRI), dan Sandra Olga. 

Sementara itu, pembawa obor untuk sesi kedua di Jakarta Selatan, diantaranya, Christian Haditana (bulutangkis), Ricky Subagja (bulutangkis), Lukman Niode (renang), Michael Cottier (tissot), Shenny Ratna (loncat indah), Weitarsa Hendarto (perwakilan sponsor Combiphar), dan Nunung Jayadi (atletik). 

Pawai Obor di Jakarta Selatan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB dari Jalan Rawa Bambu, melintasi Jalan Pertanian III, Jalan Raya Ragunan, Jalan Warung Jati Barat, Jalan RM Harsono, menuju panggung utama di Taman Margasatwa Ragunan (TMR). 

Pawai juga melewati Jalan Paso, Jalan Margasatwa Barat, Jalan Raya Cilandak KKO, dan pos terakhir di Jalan Ampera Raya, dan Jalan Pejaten Barat. Setelahnya, obor Asian Games itu dibawa ke Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. ***4***

 

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018