Sitaro, (ANTARA News) - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-73 dijadikan momentum bagi masyarakat Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) untuk merekatkan kebersamaan sebagai satu bangsa.

"Berbagai lomba yang digelar diharapkan semakin mempererat tali persaudaraan sebagai anak bangsa bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Kepulauan Sitaro," kata Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro, Herry Lano, di Ondong, Siau, Rabu.

"Lomba-lomba yang digelar itu antara lain, sepak takraw dan gerak jalan variasi untuk tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan umum," katanya.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk rasa syukur karena kemerdekaan Indonesia, sekaligus untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di antara seluruh anak bangsa. 

Menurut Lano, dengan melaksanakan berbagai kegiatan maka masyarakat akan selalu ingat dan termotivasi untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan, mengingat bagaimana perjuangan para pendiri bangsa menegakkan RI dan mengibarkan sang saka merah putih, demi Indonesia Raya. 

Selain itu, menurut dia, kegiatan yang digelar, juga merupakan wahana solidaritas untuk memupuk persaudaraan di tengah keberagaman bangsa Indonesia.

Lano juga mengatakan melalui kegiatan tersebut peserta dituntut untuk dapat menampilkan kemampuan serta terus mengembangkan potensi diri khususnya bagi anak-anak didik dalam masa tumbuh kembangnya.

Selain itu, Lano juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut, karena masyarakat ternyata sangat antusias ikut dalam kegiatan memeriahkan HUT kemerdekaan RI tersebut.

"Terima kasih atas partisipasi masyarakat, sehingga acara bisa terlaksana, mari sama-sama kita isi kemerdekaan dengan membangun terus mengobarkan semangat dan rasa cinta tanah air, agar Indonesia tetap jaya," katanya.*

Baca juga: Pembawa baki Bendera Pusaka ditentukan hari H

Baca juga: Duplikat bendera pusaka berusia 21 tahun dikembalikan ke Pemprov Jabar


 

Pewarta: Joyce Hestyawatie B
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018