Dahnil: Gali peran pemuda dalam sejarah kemerdekaan Indonesia

Dahnil: Gali peran pemuda dalam sejarah kemerdekaan Indonesia

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar (ANTARA News/ Lia Wanadriani Sa)

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengajak generasi muda untuk menggali sejarah tentang peran pemuda dalam kemerdekaan Indonesia.

"Selama ini, dalam momentum peringatan 17 Agustus, jarang digali bahwa kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari perjuangan para pemuda dan berkat semangat pemuda," kata Dahnil dikutip dari siaran pers di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pelajaran penting yang dapat diambil dari peran pemuda dalam kemerdekaan di antaranya adalah semangat  persatuan yang dibangun melalui dialog dan akal sehat.

"Anak muda jangan anti dialog, anak muda jangan tutup akal sehat dan akal baiknya. Itu harus diwujudkan baik dalam keseharian di dunia nyata dan saat berinteraksi di dunia maya," katanya.

Menurut dia, dialog dan akal sehat sangat penting ditonjolkan karena Indonesia berdiri di atas keberagaman. Dengan dialog dan akal sehat, perbedaan tidak menjadi pemecah, melainkan bisa menyatukan.

Oleh karena itu, ia berharap generasi muda bisa menjaga keutuhan negara ini dengan terus mempromosikan persatuan, termasuk melalui dunia maya.

"Penyebaran pesan persatuan dan perdamaian di media sosial harus terus digalakkan," katanya.

Baca juga: Sekjen Pramuka Sedunia ucapkan selamat HUT Kemerdekaan ke-73

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Polda Metro Jaya periksa Naniek S Deyang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar