Bogor (ANTARA News) - Cabang olahraga paralayang Asian Games 2018 yang akan berlangsung di kawasan Puncak, Bogor, akan diikuti 17 negara, setelah India dan Filipina diinformasikan batal ikut serta.

"India dan Filipina batal ikut cabang olahraga paralayang Asian Games 2018 karena tidak disetujui Dewan Olimpiade masing-masing," kata Tagor Siagoan, Wakabid III Humas Pengurus Besar Federasi Aero Sport Indonesia (PB-FASI), di Cisaura, Puncak, Kabupaten Bogor, Kamis.

Tagor menyebutkan, cabang olahraga paralayang Asian Games 2018 diikuti 17 negara yakni Afghanistan, China, Kuwait, Indonesia, Hong Kong, Iran, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Laos, Mongolia, Nepal, Pakistan, Singapura, Chinese Taipei, Qatar, dan tambahan Arab Saudi.

Menurut Tagor, informasi yang ia dapat dari pilot India bernama Vijai Soni, pembatalan dua negara tersebut tanpa alasan yang jelas.

"Menurut Vijai Soni, bukan masalah dana. Tapi diragukan bakal dapat medali emas," kata Tagor.

Melalui Tagor, Vijai Soni menyampaikan kekecewaannya karena tidak diikutkan dalam kejuaraan tersebut. Padahal mereka berpeluang di nomor lintas alam.

"Vijai sangat kecewa, menurutnya di nomor lintas alam pilot India cukup berpeluang seperti juga Nepal," katanya.

Vijai juga memotivasi atlet yang akan berlaga di kategori lintas alam agar tidak gampang menyerah melawan jagoan-jagoan lintas alam paralayang seperti Korea Selatan dan Jepang.

"Penentuannya di langit bukan di atas kertas," ucap Vijai melalui Tagor.

Tagor menyebutkan, kabar pembatalan tim nasional India bersama Filipina mengikut cabang olahraga paralayang diterimanya dari Vijai Soni pada tanggal 11 Agustus 2018 lalu.?

? ? Tetapi, menurutnya, Vijai tidak menerima keputusan tersebut dan berupaya melobby Dewan Olimpiade India. Mengingat Nepal sebagai negara tetangganya masuk dalam daftar negara peserta Paralayang.?

? ? "Informasi terbaru dari Vijai, setelah melakukan lobby, kepesertaan India dipertimbangkan ulang, masih menunggu keputusan dari Dewan Olimpiade India hari ini (Kamis-red), apakah berangkat ke paralayang Asian Games atau tidak," kata Tagor.?

? ? Menurut Tagor, Vijai Soni adalah salah satu di antara lima pilot pria yang berencana ikut Asian Games 2018. Seluruh tim nasional India sudah pemusatan latihan nasional sejak Maret lalu.?

? ? Cabang olahraga paralayang terdiri atas dua kategori yakni ketepatan mendarat (accuracy) dan lintas alam (cross country), merebutkan enam medali emas untuk nomor putra, putri dan beregu. (KR-LR).

Baca juga: Arena Paralayang siap untuk Asian Games

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018