Bandung (ANTARA News) - Uni Emirat Arab (UEA) mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-1 dalam laga sepak bola Grup C Asian Games 2018 di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Kamis sore.

Gol UEA masing-masing dicetak Saheen Aldamrki pada menit ke-2, Salem Alsharji menit ke-10, dan Zayed Alameri pada menit 19 dan 60. Sementara gol Timor Leste dicetak Rufio Gama Walter menit 87.

Jalannya pertandingan pada babak pertama, Uni Emirat Arab langsung melakukan inisiatif penyerangan. Bahkan anak-anak asuh Magiet Skorja berhasil menciptakan gol cepat pada menit ke-2.

Berawal dari serangan di sayap kiri, salah satu pemain UEA dilanggar di luar kotak penalti. Saheen Aldamrki yang bertindak sebagai eksekutor berhasil menempatkan bola ke sudut kanan gawang yang sulit ditepis kiper Timor Leste.

Tujuh menit berselang, bench pemain UEA kembali bersorak setelah Salem Alsharji menggandakan keunggulan melalui sundulan.

Di sisi tim lawan, seolah tak berdaya menembus benteng kokoh UEA. Para pemain Timor Leste pun dipaksa bermain di area pertahanan sendiri dan hanya menyisakan satu pemain saja di depan.

Saat mencoba melakukan serangan balik, para pemain Timor Leste juga seakan kebingungan dalam mencari ruang celah. Serangan pun selalu patah sebelum memasuki area kotak penalti UEA.

Perbedaan kualitas antara keduanya sangat terlihat, dari sisi postur para pemain UEA lebih tinggi dari pada Timor Leste, sehingga mereka sering memeragakan umpan-umpan panjang. Selain itu, dari sisi fisik pun pemain Timor Leste nampak kewalahan dibanding UEA.

Pada menit ke-19, UEA kembali mengubah papan skor menjadi 3-0 melalui sepakan Zayed Alameri. Bermula dari skema satu dua, Jasiim Alblooshi yang menerobos di sayap kanan memberikan umpan mendatar yang mengarah langsung kepada Zayed Alameri yang berdiri tanpa pengawalan.

Pada babak pertama, permainan lebih banyak dikuasai tim berjuluk The Falcons ini, sementara Timor Leste hanya mencatatkan tiga peluang yang tak membahayakan gawang.

Pada babak kedua, UEA masih memeragakan permainan menekan. Empat hingga lima pemain mereka selalu berada di garis pertahanan lawan.

Pressing ketat ini membuat pemain belakang Timor Leste tertekan. Mereka banyak mengirimkan bola-bola langsung ke depan. Pola yang ditampikan ini sangat mudah terbaca pemain belakang UEA.

The Falcons kembali memperlebar jarak setelah Zayed Alameri mampu menyarangkan bola melalui sontekan hasil umpan dari Husain Abdulla pada menit ke-60.

Pelatih Timor Leste, Tsukikate Norio, memasukan beberapa tenaga segar untuk keluar dari tekanan. Tiga menit jelang waktu normal babak kedua berakhir, Timor Leste mendapat gol hiburan melalui sontekan Rufio Gama Walter.

Berawal dari serangan balik, Rufio berhasil lolos dari perangkap offside. Ia yang hanya tinggal berhadapan dengan kiper, mampu menyonteknya dengan mudah. Skor 4-1 tetap untuk keunggulan UEA.

Hingga wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov, meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 4-1 untuk kemenangan UEA.

(KR-ASP/B015)

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018