counter

Peringatan HUT RI ke-73 di Roma meriah

Peringatan HUT RI ke-73 di Roma meriah

Sejumlah pengungsi korban gempa bumi mengikuti apel bendera peringatan HUT ke-73 RI di Posko Pengungsian Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Jumat (17/8/2018). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Jakarta,  (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) bersama warga Indonesia di Roma , Italia memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 RI dengan mengikuti serangkaian kegiatan dan perlombaan.

KBRI Roma mengadakan acara perayaan HUT RI bertajuk "Hari Ceria Merdeka 2018", seperti disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Meskipun di tengah panas terik khas musim panas kota Roma, keceriaan tetap mewarnai suasana perayaan HUT RI oleh KBRI dan warga Indonesia.

KBRI Roma mengadakan berbagai kompetisi individu maupun berkelompok, seperti permainan gaple, estafet bendera, makan kerupuk, balap kelereng, adu panco, memasukkan pena dalam botol, hingga karaoke.

Kegiatan perayaan HUT RI di Roma itu berlangsung dengan penuh kegembiraan dan kebersamaan. Banyak peserta yang lahir dan besar di Italia sehingga kurang familiar dengan suasana lazim peringatan HUT RI di Indonesia, namun mereka tetap antusias berpartisipasi di setiap lomba.

Selanjutnya, KBRI Roma juga mengadakan lomba deklamasi puisi perjuangan untuk anak-anak. Selain itu, anak-anak juga diajak bernyanyi lagu-lagu nasional berirama riang, seperti Berkibarlah Benderaku dan Hari Merdeka.

Kegiatan yang diselenggarakan KBRI Roma untuk memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia tersebut diawali dengan gerak jalan pada pagi hari. Tepat pukul 7.30 pagi, warga yang hadir dibagi dalam beberapa kelompok untuk melaksanakan jalan pagi di taman kota kebanggaan Roma, Villa Borghese.

Warga dan diaspora Indonesia juga aktif memungut sampah di sepanjang rute gerak jalan yang dilalui untuk ikut memelihara lingkungan sekitar.

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani menyampaikan bahwa aktivitas tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kebersihan wilayah tempat tinggal sekaligus persaudaraan dengan warga Kota Roma.

"Berbagai perlombaan yang diselenggarakan juga dilandasi semangat kerja sama guna memperkuat rasa cinta Tanah Air," ujar Dubes Esti.

Dubes Esti Andayani juga mengajak warga Indonesia di wilayah akreditasi KBRI Roma untuk mengekspresikan semangat peringatan HUT ke-73 RI itu dengan secara nyata menyampaikan rasa solidaritas terhadap saudara sebangsa di Lombok yang baru-baru ini terkena bencana gempa bumi.

Selain kegiatan "Hari Ceria Merdeka", warga Indonesia di Italia juga memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dengan upacara bendera.

Di kota Roma terdapat dua Perwakilan RI, yaitu KBRI Roma yang terakreditasi untuk Italia, Malta, San Marino, Siprus dan organisasi internasional di Roma, serta KBRI Vatikan yang terakreditasi untuk Tahta Suci Vatikan.

WNI yang tinggal di Italia dilayani oleh KBRI Roma, sedangkan untuk para rohaniawan Indonesia yang sedang bertugas di berbagai biara dan seminari di Italia dilayani oleh KBRI Vatikan.*

Baca juga: Di Mataram, bendera berkibar tanpa upacara

Baca juga: KJRI Tawau gelar donor darah peringati HUT RI

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018

SMN petik ilmu pertahanan maritim dari monkasel

Komentar