Komisi Penanganan Bencana Ethiopia peringatkan mengenai potensi banjir bandang

Addis Ababa (ANTARA News)) - Komisi Penanganan Resiko Bencana Nasional memperingatkan mengenai potensi banjir bandang di beberapa bagian Ethiopia akibat hujan lebat dalam beberapa hari mendatang.

Di dalam satu siaran pers yang dikeluarkannya pada Kamis (16/8), Wakil Komisaris Damene Darota mengatakan beberapa bagian Amhara, Oromiya, SNNP dan Tigray serta kebanyakan wilayah di Negara Bagian Gambella rentan terhadap banjir.

Banyak daerah yang berdekatan dengan Lembah Sungai Awash, Baro-Akobo dan Nil dan aliran sungainya terpajan resiko banjir, ia menambahkan.

Damene mengatakan komisi tersebut bekerjasama dengan lembaga terkait serta pemerintah regional guna menangani resiko banjir bandang, demikian laporan ENA --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi. Ia menyatakan beberapa prioritas mesti dilakukan guna mencegah bahaya.

Baca juga: 125 Orang Tewas Akibat Banjir di Ethiopia Selatan

Tindakan lanjut dan pengawasan di sekitar sungai serta anak sungai, penciptaan kesadaran di kalangan warga, serta perbaikan dan diperkuatnya bendungan yang dibuat untuk melindungi warga dari banjir, pemeliharaan saluran banjir dan pembuatan penghalang bagi perlindungan banjir mesti dilakukan.

Saat menyampaikan kemungkinan penyebaran wabah penyakit selama masa itu, ia mendesak lembaga terkait untuk melakukan langkah pencegahan guna melindungan masyarakat yang rentan dari penyakit yang ditularkan oleh air.

Menurut Damene, hujan lebat yang turun di berbagai wilayah negeri itu antara Mei dan Juli mempengaruhi 111 kabupaten, sementara 12 kabupaten mengalami tanah longsor.

 

Pewarta:
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar